Oli Mobil Matic Beda dengan Oli Mobil Manual

Pada udah tahu jika oli mobil tidak boleh untuk motor, karena banyak yang bilang jika kerja oli motor lebih berat dibanding oli mobil. Kebenarannya masih dipertanyakan namun yang pasti oli mobil manual dan matic itu berbeda? Oli mobil manual hanya berfungsi  sebagai pelumas untuk kompenen mesin sedangkan oli mobil matic tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja tetapi juga sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis. Biasanya oli khusus untuk mobil metic dinamain oli transmisi.

mobil manual atau maticEfek Salah Menggunakan Oli Mobil yang bukan transmisi atau jarang mengganti oli transmisi?  Oli akan lebih cepat panas dan menyebabkan komponen kopling hidrolik dan komponen rem lebih cepat aus. Worst case-nya, komponenkopling dan rem bisa terbakar. Jika sampai komponen terbakar, apa yang terjadi? Jika komponen terbakar maka tidak ada lagi yang bisa meneruskan tenaga dari mesin ke penggerak roda mobil.  Jika roda mobil tidak bergerak, ya berarti mogok. Paling gak enak mogok di daerah sepi tanpa sinyal, horror bok!!!

Pada umumnya oli transmisi yang digunakan untuk mobil matic adalah jenis ATF, CVTF, WS dan T-IV. Untuk mobil matric keluaran di atas tahun 2000, biasa menggunakan tipe DEXRON VI.  Namun tetap untuk amannya, cek buka panduan untuk mengetahui jenis oli transmisi yang cocok dengan mobil maticmu karena bisa saja mesin mobilmu berbeda dengan yang lain. Jadi amamnya, cek informasi yang sudah disertakan dari pabrik karena pabrik sudah melakukan uji coba jenis oli mobil yang cocok untuk mobil metic-mu.

Untuk mobil matic, kuras dan ganti oli transmisi  memiliki arti yang berbeda. Loh kok bisa?  Bukannya untuk mobil manual, ke-2 istilah tersebut memiliki arti yang sama? Yap sama jika kasusnya untuk mobil manual. Lalu apa perbedaaan dari ke-2 istilah ini untuk mobil matic? Simak penjelasan singkat berikut ini:

  • Ganti oli berarti pihak bengkel hanya membuka baut yang terdapat di karter gearbox sehingga oli transmisi yang terbuang hanyalah oli transmisi yang ada di dalam karter gearbox.  Oli transmisi yang ditampung di gearbox ini biasanya hanya 3-4 liter doang.
  • Kuras oli berarti menguras oli transmisi yang tersimpan di dalam mesin. Total oli yang terbuang biasanya 7-10 litter. Dalam proses mengurasnya kamu bisa memilih menggunakan cara manual atau menggunakan alat khusus yang disebut ATF Changer.

Semoga informasi ini semakin membantumu –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *