Oatmeal Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan, Loh!

oatmeal
image source: The Kitchn

Sedang mencari makanan penurun kolesterol? Anda bisa mengonsumsi sayuran untuk meredakan kolesterol seperti buncis, bayam, terong dan lain-lain. Selain sayur, konsumsi buah-buahan dan makanan kaya serat juga dianjurkan.  Nah, salah satu makanan yang mampu meredakan kolesterol dan adalah oatmeal.

Kerap dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk penemani sarapan pagi, oatmeal tidak hanya mampu menurukan kadar kolesterol tapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa sebab, oatmeal sendiri kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, protein, serat, dan mineral. Semua kandungan yang dimilikinya ini, dipercaya ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya kolesterol, oatmeal juga memberikan manfaat lain, berikut beberapa di antaranya:

  • Bantu turunkan berat badan. Anda sedang diet? Yuk, konsumsi oatmeal! Selain enak, makanan ini dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih di dalam tubuh. Bisa, kah? Yap, karena oatmeal mengandung serat alami sekaligus rendah kalori, oleh karena itulah cocok dijadikan sebagai menu makanan penurun berat badan. Serat alami yang terdapat dalam oatmeal ini juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak akan lapar sampai waktu jam makan berikutnya. Supaya rasanya makin enak, saat memakan oatmeal bisa menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, madu, susu, dan sebagainya.
  • Ampuh dalam menangkal radikal berbahaya. Di dalam oatmeal, tersimpan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini berperan penting untuk menangkal radikal berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, khususnya penyebab penyakit kanker. Tidak cukup sampai disitu, antioksidan ini pun ampuh dalam mengatasi paparan sinar UV yang sangat membahayakan kesehatan kulit. Untuk itu, apabila Anda tidak diserang penyakit dan kulit makin sehat, maka rajinlah mengonsumsi oatmeal.
  • Hipertensi berkurang. Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang menyerang tubuh akibat tekanan darah sedang mengalami peningkatan. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan gagal jantung, gagal ginjal, stroke, hingga kematian. Namun demikian, Anda masih tetap bisa mengurangi tekanan darah tersebut dengan cara mengonsumsi oatmeal. Tingginya kandungan serat dalam oatmeal dipercaya ampuh dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Yuk, konsumsi oatmeal!

Selain manfaat tersebut, oatmeal juga memiliki beberapa khasiat, seperti:

  • Menstabilkan tekanan gula darah di tubuh
  • Mencegah risiko penyakit kanker
  • Menyehatkan kulit wajah
  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
  • Mencegah pengerasan arteri
  • Menghindari risiko penyakit jantung
  • Menjaga metabolisme tubuh.

So, mau hidup lebih sehat? Konsumsi oatmeal! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *