Nikmati Wisata Alam di Kota Surabaya

Berbicara Kota Surabaya, biasanya yang teringat adalah peristiwa sejarah yang banyak terjadi di kota ini, mulai dari peristiwa perobekan bendera Belanda di salah satu Hotel di Surabaya yakni Insiden Hotel Yamato, hingga peristiwa 10 November. Tak heran kota ini  terkenal dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan, dan terkenal dengan wisata sejarahnya.

Tapi tahukah Anda, selain gedung tua dan jajaran hotel di Surabaya yang bersejarah, masih ada objek wisata lainnya yang menarik di Kota Pahlawan ini, yakni wisata alamnya. Ya, kota Surabaya ternyata juga masih menyimpan keindahan alam yang sayang dilewatkan bila Anda berkunjung ke kota tersebut.

Wisata Alam Surabaya yang Perlu Dikunjungi

Berikut ini beberapa wisata alam di Kota Surabaya yang bisa Anda kunjungi, di antaranya:

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

wisata alam surabayaTempat wisata ini terletak di Kecamatan Rungkut, Kota Wonorejo, di sebelah timur Kota Surabaya. Hanya 30 menit dari Bandara Juanda Surabaya. Hutan Mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa yang terletak di pinggir pantai. Hutan mangrove ini diresmikan menjadi tempat wisata pada 1 Januari 2010 lalu.

Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan mengelillingi hutan melewati jembatan yang terbuat dari kayu. Dikelilingi pohon bakau di sisi kiri dan kanan. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati keindahan hutan menggunakan perahu motor berkapasitas 40 orang mengelilingi sungai di hutan tersebut selama 15 menit. Selama perjalanan Anda bisa melihat berbagai spesies flora dan fauna seperti deretan pohon bakau, monyet ekor panjang dan bahkan burung langka.

Pantai Kenjeran

Anda yang ingin menikmati suasana pantai, bisa coba kunjungi Pantai Kenjeran yang terletak di Timur Surabaya, tepatnya di Kecamatan Kenjeran. Pantai ini dibagi menjadi dua, yakni Pantai Kenjeran Lama dan Baru. Di kedua pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan dan sejuknya udara serta semilir angin pantai.

Di pantai Kenjeran Lama, Anda bisa menyalurkan  hobi memancing atau berlayar Anda serta menikmati berbagai hidangan khas pantai. Sementara di pantai Kenjeran Baru, biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga seperti Tenis, berenang, pacuan kuda, Taman Bermain, dan tempat ibadah.

Taman Bungkul Surabaya

Taman yang dinobatkan sebagai taman terbaik di dunia oleh PBB ini memang merupakan kebanggaan warga Surabaya. Taman ini memang menyediakan kebutuhan hiburan untuk warga Surabaya yang lengkap, mulai dari amfiteater berdiameter 33 meter, skateboard track, jalur jogging, area green park, taman bermain anak-anak, pusat kuliner, hingga wi-fi gratis. Dengan berbagai fasilitas semacam itu, tidak heran banyak warga Surabaya yang menghabiskan waktunya bersama keluarga di taman ini.

Selain wisata hiburan, para pengunjung taman juga bisa berziarah ke Komplek Makam Sunan Bungkul yang terletak di bagian belakang taman.

Bumi Perkemahan Jurang Kuping

Nah, buat Anda yang hobi berkemah, Surabaya memiliki satu tempat yang cocok, yakni Bumi Perkemahan Jurang Kuping. Lokasinya berada di Kecamatan Benowo, sebelah barat Surabaya. Jurang Kuping sendiri adalah sebuah danau kecil alami yang dikelilingi beragam pepohonan, mulai dari mangga, pohon ceri, dan pohon aren. Selain berkemah, Anda juga bisa menikmati ikan bakar atau sekalian memancing di danau tersebut.

Jadi, lain kali Anda berlibur ke Surabaya, jangan lupa kunjungi berbagai tempat wisata alam di Kota Pahlawan ini, ya. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *