Model Lemari Es

Terdapat setidaknya enam model kulkas / lemari es yang dapat kita pilih. Tentu saja ke6 model lemari es ini memiliki fungsi yang sama yaitu mendinginkan, membekukan dan menjaga kesegaran makanan.  Pada umumnya setiap kulkas memiliki 2 bagian yaitu

  • Lemari Pendingin merupakan bagian dari kulkas dimana kita meletakan bahan makanan, minuman, kue atau lainnya dengan tujuan menjaga kesegarannya untuk waktu yang lama. Produk yang diletakan kedalam lemari pendingin akan menjadi dingin tetapi tidak membeku.
  • Lemari Pembeku (Freezer) merupakan bagian dari kulkas yang memiliki fungsi membekukan. Biasanya kita meletakan daging dan seafood pada lemari pembeku agar dibekukan dan bisa bertahan lama. Bagian dari lemari es ini juga berfungsi untuk membekukan air menjadi batu es.

Enam Model Lemari Es

Lemari Es Satu Pintu

Lemari es / Kulkas tipe ini hanya memiliki satu pintu. Bagian lemari pendingin dan pembekunya disatukan. Ketika membuka pintu kulkas, kita bisa melihat bahwa di bagian lemari pembeku (freezer) masih ada satu pintu plastik tambahan yang berfungsi menjaga suhu didalamnya. Kulkas dengan satu pintu memiliki ukuran yang kecil dan tidak begitu makan tempat soalnya kulkas ini tidak begitu tinggi. Kulkas model ini bisa dibeli dengan budget di bawah 1 juta.

lemari es satu pintu

Top Freezer

Top Freezer merupakan tipe kulkas 2 pintu yang berarti pintu untuk freezer (lemari pembeku) dan lemari pendingin berbeda. Lemari pembekunya di letakan di atas lemari pendingin. Kulkas ini adalah model kulkas yang paling digunakan karena harganya yang relatif murah setelah kulkas satu pintu. Kulkas yang sangat cocok untuk orang yang menyukai kesederhanaan.kulkas top freezer

Bottom Freezer

Sesuai dengan namanya Bottom Freezer, freezer (lemari pembeku) ada di bagian bawah lemari pendingin. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan Top Freezer. Model kulkas ini sangat cocok bagi kita yang tidak ingin membungkuk ketika mengambil barang dari lemari pendingin. Model kulkas ini memiliki pintu yang berbeda untuk lemari pembeku dan pendinginnya alias kulkas tipe 2 pintu.lemari es bottom freezer

Side by Side

Kulkas tipe 2 pintu dimana pintu ke kanan adalah lemari pendingin dan pintu ke kiri membawa kita ke lemari pembeku. Boleh dibilang kulkas ini memiliki lemari pembeku (freezer) terbesar bila dibandingkan dengan model kulkas lainnya. Kulkas ini bisanya memiliki bentuk yang slim alias memajang ke atas sehingga agak sulit menempatkan makanan yang melebar ke samping seperti pizza. Kulkas ini sangat cocok untuk dapur minimalis. Kulkas ini biasanya memiliki fitur dispenser air dingin pada salah satu pintu.kulkas side by side

French Door

Kulkas French Door menggabungkan model kulkas Bottom Freezer dan Side by Side sehingga tidak heran bila kulkas ini memiliki harga yang mahal karena ini adalah model kulkas terbaru dan terpopuler terutama untuk negara barat. Kulkas ini memiliki ukuran besar sehingga kita memiliki banyak ruang penyimpanan.

kulkas french door

Bagian kulkas ini terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Bagian atas  adalah lemari pendingin yang memiliki 2 pintu. Pada salah satu pintu lemari pendingin ini terdapat dispenser air dingin.
  • Bagian bawah adalah lemari pembeku (freezer) yang didesain dengan bentuk laci. Disesuaikan dengan desainnya jumlah lemari freezer bisa satu atau dua.

Kulkas Berbetuk Laci (Refrigerator Drawers)

Kulkas ini merupakan kulkas kecil berbentuk laci yang sudah ditanam / instal langsung ke meja konter. Kulkas jenis ini tidak memiliki lemari pembeku jadi hanya berfungsi mendinginkan dan menjaga kesegaran makanan utuk waktu yang tidak lama. Kulkas ini sangat populer dan digunakan untuk dapur mewah dan dapur untuk acara memasak.

refrigerator drawers

 

Semoga artikel Model lemari es ini membantu –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *