Mobil Tua Boros Bahan Bakar, Mungkin Ini Penyebabnya!

mobil tua
image source: Pexels

Saat ini, memang bermunculan banyak sekali mobil bermerk yang digunakan oleh pengendara. Baik mobil keluarga ataupun mobil barang seperti Truk Mitsubishi Fuso Terbaru. Namun, jangan salah, sekarang masih banyak juga loh yang menggunakan mobil tua dan yang paling mengejutkan adalah anak muda pun banyak yang jatuh cinta dengan mobil tersebut. Meski demikian, sayangnya karena dianggap sudah tua, tak jarang ada yang beranggapan jika mobil itu cepat rusak dan sangat boros bahan bakar.

Padahal, kenyataanya tidak seperti itu kok, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil tua tersebut boros bahan bakar dan Anda bisa memperbaikinya atau menghindari beberapa faktor penyebabnya. Apa saja, ya? Yuk, langsung disimak!

  • Terbentuk kerak pada bagian mesin. Karena ingin cepat dan terburu-buru, terkadang sebagian dari pengendara banyak yang asal memilih bahan bakar untuk kendaraannya. Padahal, melakukan ini tentu sangat tidak dianjurkan, sebab jika memasukkan bahan bakar yang kualitasnya kurang ke dalam tangki bahan bakar mobil terlebih mobil tua, maka efek yang diberikan adalah terbentuknya kerak pada bagian mesin mobil. Jika sudah begini, tentu kerak tersebut akan sulit untuk dihilangkan, dan jalan satu-satunya harus membawanya ke bengkel. Untuk itu, cermatlah saat memilih bahan bakar!
  • Filter udara mesin mobil tersumbat. Saat menggunakan mobil tua, apakah Anda pernah mengalami mobil tersebut tidak bertenaga ketika digunakan atau maksudnya performa mobil itu berkurang? Jika ya, mungkin penyebab adalah filter udara di dalam mobil mengalami penyumbatan. Ketika penyumbatan ini terjadi, biasanya memang dapat menyebabkan sirkulasi udara di dalam mobil menjadi tidak lancar dan dampaknya menurunkan performa mobil tersebut. Umumnya, filter udara ini tersumbat diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk.
  • Pemasangan busi dan karburator sedikit renggang. Ternyata, pemasangan karburator maupun busi yang sedikit merenggang dapat mengakibatkan mobil tua boros bahan bakar, loh. Kenapa, ya? Yap, ini karena pada saat kedua komponen tersebut tidak dipasang dengan sempurna, maka akan membutuhkan lebih banyak tenaga saat digunakan. Dampaknya terjadi pembakaran tidak sempurna dalam komponen mesin mobil, sehingga tidak heran jika lebih boros bahan bakar minyak.

Dan terkikisnya piston maupun ring piston serta kampas rem dan bearing roda yang sudah aus juga dapat mengakibatkan mobil tua boros bahan bakar, loh. Oleh sebab itu, agar mobil Anda tidak boros, jangan lupa cek dan servis mobil secara berkala, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *