Mobil Mewah Tidak Boleh Minum Premium

Pastinya pada udah tahu bahwa mobil – mobil mewah seperti mobil alphard sudah dilarang meminum premium yang merupakan bahan bakar bersubsidi. Bisa dibilang larangan ini ada alasannya. 2 alasan utamanya adalah:

  • Premium disubsidikan agar golongan menegah ke bawah bisa membelinya jadi emang tidak diperuntungkan untuk mobil mewah yang notabene memiliki golongan menengah ke atas.
  • Menurut salah satu kepala bengkel dealer mobil Toyota, premium emang tidak cocok dengan mesin mobil mewah seperti alphard. Ketika pemilik mobil mewah menggunakan premium berarti mereka sudah siap bila umur mobil mereka tidak akan panjang. Premium yang diberikan seperti bahan bakar lainnya akan melalui proses pembakaran. Pada proses pembakaran ini, premium tidak akan terbakar dengan sempurna sehingga menimbulkan kerak. Kerak – kerak yang dihasilkan akan tertimbun di ruang bakar dan katup. Lama-kelamaan ruang bakar dan katup tidak akan berfungsi lagi sehingga mau tak mau bongkar mesin. Hal ini sebenarnya dikarenakan mesin mobil mewah emang sudah dirancang untuk mengelola bahan bakar beroktan tinggi.

mobil alphard tidak boleh minum premiumDua alasan yang cukup masuk akal. Jadi kesimpulan singkatnya mobil alphard atau mobil mewah lainnya emang disarankan untuk tidak menggunakan premium. Bahan bakar beroktan tinggi sebenarnya bagus karena mengandung zat aditif yang bersifat membersihkan sehingga ruang bakar tetap bersih biarpun terjadi pembakaran beberapa kali. Biasanya tempat pengisihan bahan bakar memiliki 2 jenis bahan bakar beroktan tinggi yang cocok untuk mobil alphard atau mobil mewah lainnya:

  • Bahan bakar oktan 92 yang cocok untuk mesin 9:1 – 10:1 sudah memiliki zat pembersih dan pembakarannya lebih sempurna daripada bahan bakar premium. Bahan bakar ini bisa ditemukan di Pertamina (pertamax), Shell (super) dan Pentronas (Primax).
  • Bahan bakar oktan 95 merupakan bahan bakar yang dicocok untuk mesin 10:1 – 11:1. Bahan bakar ini memberikan pembakaran yang lebih sempurna serta menjaga agar mesin lebih awet daripada bahan bakar oktan 92. Nama lainnya adalah Pertamax Plus (Pertamina) Primax95 (Petronas) dan Super Extra (Shell).

Menurut salah satu teman kantor yang menggunakan bahan bakar beroktan 92, mesin motornya hingga sekarang (sudah 5 tahun) awet. Bila lihat dari testi teman bisa dibilang tidak hanya mobil alphard atau mewah saja yang bisa menggunakannya tetapi juga motor dan mobil lainnya. Semoga artikel mobil mewah tidak boleh minum premium ini berguna untuk Anda. –hm-

2 comments for “Mobil Mewah Tidak Boleh Minum Premium

  1. April 9, 2013 at 9:53 am

    yang jelas mobil mewah biasanya boros bensin sehingga lebih membutuhkan lebih banyak bahan bakar di banding angkot atau bis. Seharusnya kalau sudah bisa membeli mobil mewah kudu bisa membeli bahan bakar non subsidi dong,

    • Heni
      April 12, 2013 at 8:13 pm

      yoi-setuju gan :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *