Mitos Tumor Otak yang Salah

Tumor otak adalah salah satu penyakit yang susah diobati. Hingga sekarang, para peneliti masih terus menerus mencari cara terbaik untuk menangani penyakit ini. Berbagai informasi mengenai penyakit ini pun beredar. Ada informasi yang benar namun juga ada yang salah. Berikut ini beberapa informasi tumor otak yang salah:

Tumor Otak Bisa Menular

Fakta: Yap, penyakit ini bisa menular jika Anda melakukan transplantasi organ yang sudah terkontiminasi tumor. Hal ini berlaku untuk semua jenis tumor dan otak. Jadi bisa dibilang bahwa penyakit ini tidak akan menular dari kontak fisik ataupun menggunakan peralatan makan dan minum yang sama.

Kanker Bisa Menyebabkan Rambut Rontok dan Kebotakan

tumor otakFakta: Salah banget, rambut rontok dan kebotakan bukan disebabkan oleh tumor maupun kanker. Lalu kenapa para pesain tumor dan kanker banyak yang mengalami rambut rontok bahkan ada yang botak? Ini karena efek samping dari pengobatan kemoterapi dan radiasi.

Tumor dan Kanker Otak Disebabkan oleh Ponsel

Fakta: Hingga saat ini belum ada riset yang membenarkan dan menjelaskan hubungan antara keduanya. Hal ini bisa dilihat dari laporan National Institue of Environmental Health Science, belum ada bukti ilmiah yang menunjukan bahwa penggunaan ponsel bisa menyebabkan tumor dan kanker otak.

Perwarna Rambut dapat Menyebabkan Tumor dan Kanker Otak

Fakta: Memang perwarna rambut mengandung zat kimia seperti zat karsinogenik. Namun hingga saat ini tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa zat kimia pada perwarna rambut bisa menyebabkan tumor atau kanker otak. Beberapa efek samping dari pewarna rambut adalah rambut lebih cepat rusak, akar jadi kurang kuat, rambut jadi kusam. Bagi orang yang tidak cocok, pengunaan perwarnaan rambut bisa menyebabkan kulit kepala gatal.

Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman lebih mengenal akan tumor otak serta kanker otak. Ingat hidup sehat terutama bagi pasien tumor otak. Sekarang sudah ada gaya hidup sehat khusus pasien tumor otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *