Mesin Cuci Front Loading atau Top Loading

Mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik rumah yang digunakan untuk mengcuci dan mengerikan baju (kemeja, celana, blouse) dan kain (selimut, sprei). Dua jenis mesin cuci yang ada hingga ada sekarang ini adalah mesin cuci front loading dan top loading.

Perbedaan Antaran Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

Perbedaan anatara mesin cuci top dan front loading bisa dibilang cukup banyak. Persamannya mungkin hanya pada fungsinya sebagai mesin cuci – mencuci dan mengerinkan baju. Berikut ini perbedaan pada ke dua tipe mesin cuci:

Harga Murah

Untuk harga memang mesin cuci tipe front loading lebih mahal daripada top loading. Dengan uang Rp 2,000,000 – kita sudah bisa membeli mesin cuci top loading namun untuk front loading, setidaknya kita perlu menyiapkan Rp 6,000,000.

Hemat Air

mesin cuci front loading top loadingPenggunaan air berbeda untuk kedua tipe mesin cuci ini. Top loading membutuhkan air yang banyak karena semua baju yang dimasukan harus terendam dengan baik. Sedangkan untuk front loading, air yang dibutuhkan lebih dikit karena letak bak pencuciannya horizontal.

Hemat Energi

Spin pengeringan front loading memiliki kecepatan hingga 1,000 rpm berbeda dengan top loading yang hanya sampai 650 rpm. Dengan kecepatan yang tinggi, baju juga cepat kering sehingga lebih hemat energi.

Hasil Cucian

Hasil cucian pada front loading memang lebih rapi dan tidak sekusut mesin cuci top loading. Tentu dengan tidak sering kusut bisa dibilang, baju akan lebih berumur panjang. Dengan meminimalis kerusakan dan baju lebih awet tentu kita tidak perlu terus menerus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baju baru. Bayangkan bila 3 bulan sekali baju rusak dan kita harus beli baru?

Perawatan Mesin Cuci

Front loading harus rajin dilap kering pada bagian pintu, karet pintu dan bak pencucinya karena adanya air yang tersisa. Pengelapan ini untuk menghindari munculnya jamur dan bau. Sangat disarankan juga pintu front loading tetap dibuka setelah dilap kering. Sedangkan top loading, tidak ada air yang tersisah di bak pencuci dan pintu. Dengan perawatan yang tepat front loading bisa awet untuk waktu yang lama.

Penggunaan Deterjen

Untuk front loading, deterjen yang digunakan adalah deterjen rendah sudsing atau deterjen khusus untuk front loading. Dengan menggunakan deterjen ini, mesin front loading akan lebih tahan lama dan berumur panjang. Sedangkan untuk top loading tidak ada deterjen khusus jadi boleh dibilang deterjen apa aja oke.

Semoga perbedaan mesin cuci front loading dan top loading membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *