Merawat Mesin Diesel Alat Berat

Setiap perusahaan yang melakukan bisnis jual alat berat menawarkan servis purna jual. Servis purna jual diberikan untuk memastikan perawatan dan keawetan dari mesin. Namun selain bergantung pada servis purna jual, Anda sangat disarankan melakukan perawatan sendiri terutama bagi Anda yang memiliki mesin diesel.

Cara Merawat Mesin Diesel Alat Berat

Mesin diesel memang tangguh dan teruji untuk medan berat, namun cara pengunaan dan cara perawatan yang salah dapat mengurangi umurnya. Tapi perawatannya kan mahal? Mahal mana, mengganti mesin baru atau melakukan pewaratan rutin? Berikut ini beberapa perawatan mesin diesel alat berat untuk menjaga performanya:

Memanaskan Mesin

mesin alat beratSebelum melakukan aktifitas, pastikan Anda memanaskan mesin. Hal ini memang terlihat sangat sederhana dan tidak diperhatikan oleh orang, namun dengan melakukannya kerja mesin akan lebih optimal. Beneran? Pada saat pemanasan, mesin dapat mencapai suhu kerja dan memastikan komponen mesin memang sudah siap berkerja.

Gunakan Bahan Bakar Solar yang Berkualitas

Gunakan bahan bakar solar dengan kadar sulfur yang rendah, terutama untuk mesin diesel alat berat yang menggunakan teknologi Common Rail Direct Injection. Penggunaan solar dengan kadar sulfur yang tinggi dapat menyebabkan saluran Valve Common Rail tersumbat sehingga mesin akan mulai tersendat-sendat atau susah dihidupkan.

Jangan Mematikan Mesin Mendadak

Tunggu 3-5 menit untuk mematikan mesin. Hal ini bertujuan untuk memastikan radiator akan lebih awet. Mesin yang sering dimatikan secara mendadak atau cepat, dapat mempercepat kerusakan radiator.

Ganti Filter Solar Secara Rutin

Filter berfungsi untuk meminimalisir partikel asing yang masuk ke dalam mesin. Endapan partikel asing di mesin dapat mengurangi fungsi alat berat dan membuat asap menjadi hitam. Untuk memastikan filter bisa berfungsi dengan baik, ganti filter yang sudah kotor dengan yang baru.

Ganti Filter Udara

Saringan udara harus bersih dan diganti secara rutin. Kenapa perlu? Jika dibiarkan, kotoran dapat masuk ke ruang pembakaran dan mempercepat terjadinya aus. Jika komponen pembakaran sudah aus, penyakit ini akan menjalar ke bagian lain.

Jangan Biarkan Tangki Bahan Bakar Kosong

Pastikan, tangki bahan bakar alat berat Anda tidak pernah kosong. Saat  bahan bakar di dalam tangka sudah sisa 1/3, sebaiknya langsung melakukan isi ulang. Jika bahan bakar sampai kosong melompong, mesin diesel bisa lebih cepat rusak.

Semoga artikel perawatan mesin diesel alat berat ini membantu–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *