Merawat Kulit Senstif Bayi dengan Baik

Bayi yang berumur dibawah setahun masih memiliki kulit yang sangat sensitif. Jadi tidak heran bila kulit bayi sangat mudah mengalami iritasi, pecah-pecah, memerah, ruam dan kekeringan jika tidak menggunakan perlengkapan bayi yang tepat.  Tipisnya jaringan kulit bayi membuat bayi bisa merasakan langsung sentuhan kita dan membuatnya merasa aman dann nyaman. Oleh karena itu pemilihan dan penggunaan perlengkapan bayi yang tepat sangat diperlukan.

Perlengkapan bayi tidak hanya melingkupi tempat tidur, pakaian, peralatan makan tetapi juga produk perawatan kulit, popok dan peralatan mandi.  Yang paling harus diperhatikan adalah pakaian, peralatan makan dan produk perawat kulit karena barang – barang tersebut adalah kebutuhan utama sang buah hati.

Tips Memilih Perlengkapan Bayi untuk Perawatan Kulit Bayi

Setelah 1 bulan pertama, bayi baru boleh menggunakan produk – produk bayi. Salah satu produk bayi yang perlu diperhatikan adalah produk perawatan kulit. Berikut ini beberapa tips untuk memilih perlengkapan bayi khusus untuk produk perawatan kulit:

  • perlengkapan bayiHal pertama dalam memilih produk bayi adalah memastikan memang sang buah hati kita membutuhkanya atau tidak. Beberapa produk yang belum diperlukan contohnya parfum, lipstik,  bedak khusus muka dan lainya. Buatlah daftar produk bayi yang memang diperlukan agar memudahkan proses belanja.
  • Hidari penggunakan sabun dewasa serta sabun dengan kandungan kerasa untuk bayi. Hanya pilih produk yang dibuat khusus untuk bayi.
  • Pada saat pemilihan, pastikan kita memperhatikan dengan detail bahan aktif penyusun produk. Detail bahan aktif ini biasanya sudah ada pada label kemasan. Pilih yang formulasinya cocok dengan struktur kulit bayi. Hindari produk yang  mengandung bahan berbahaya seperti dioxane dan pengawet formaldehye.
  • Hindari produk yang mengandung antiseptik. Ingat kulit bayi masih sangat sensitif dan rentang, bahan antiseptik malahan dapat menimbulkan iritasi. Pilih produk yang menggunakan bahan alami dan lembut.
  • Pilih produk yang dapat merawat kulit bayi dengan pH yang tepat. Kisaran pH kulit normal bayi adalah 5,5.

Cara Merawat Kulit Bayi

Berikut ini beberapa cara merawat kulit bayi dengan baik yang dilansir langsung dari Kompas Female:

  • Sangat disarankan agar bayi tidak sering dimandikan karena semakin sering dimandikan, kulit bayi akan semakin sering bersentuhan dengan bahan – bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan bayi. Bahan – bahan kimia tersebut bisa menghilangkan minyak alami yang dikeluarkan secara otomatis oleh tubuh bayi untuk melindungi kulitnya. Dengan menghilangnya minyak alami tersebut berarti pelindungan untuk kulit hilang dan kulit bayi akan lebih rentan.
  • Disarankan pada awal bulan pertama, kita tidak menggunakan produk – produk perawatan kulit dan mandi. Satu bulan pertama, hanya lap tubuhnya menggunakan spon / handuk / kain halus yang sudah dicelupkan ke air hangat 2 – 3 kali perminggu. Cara ini sudah cukup menjaga kebersihan tubuh bayi. Toh, dia jarang kotor dan berkeringat kecuali pas pup.
  • Gunakan perlengkapan bayi yang lembut terutama untuk baju, kaos kaki, topi, handuk, pita atau barang lain yang akan dikenakan oleh si buah hati.
  • Cuci baju bayi yang baru beli agar bahan kimia sehabis dari pabrik hilang. Tidak ada salahnya menggunakan air hangat untuk mencucinya untuk memastikan nanti baju bayi tersebut akan aman dikenakan oleh buah hati. Bahan kimia yang masih ada dibaju bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya iritasi kulit.
  • Gunakan lotion untuk menjaga kelebabpan kulit. Tentu saja lotion yang dipilih harus bebas dari bahan – bahan yang berbahaya. Bila tidak tahu lotion yang cocok untuk bayi, coba tanya dokter / teman / saudara yang sudah pernah mengurus bayi. Mempelajari cara mengurus bayi dari pengalaman mereka tentu bisa menjadi bekal yang baik bagi kita.
  • Jemur bayi pada jam 7 – 8 pagi. Waktu menjemur hanya boleh 15-30 menit, tidak boleh lebih karena paparan sinar matahari yang berlebihan malahan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit bayi. Ingat kulit bayi masih rentan dan tipis berbeda dengan kulit kita.
  • Segera bersihkan bayi setelah dia membuang kotoran, berkeringat, selesai minum asi, mengelurkan air liur, pipis atau kotoran lain yang menempel pada badannya. Kotoran tersebut bisa menjadi salah satu penyebab iritasi kulit. Jadi ingat untuk sering-sering ganti popok.

Bayi merupakan sebuah anugrah. Tugas kita sebagai Ibu dan Ayah adalah merawat dia dengan menyediahkan perlengkapan bayi, produk, waktu dan perhatian terbaik yang bisa kita berikan. Hindari membeli Perlengkapan bayi yang tidak diperlukan agar budgetnya bisa dialokasikan ke tempat lain yang lebih membutuhkan. -hm-

2 comments for “Merawat Kulit Senstif Bayi dengan Baik

  1. Juli 5, 2013 at 4:16 pm

    kulit bayi memang sangat sensitif, kita harus tahu betul bagaimana merawatnya.

    • Heni
      Agustus 26, 2013 at 6:33 pm

      Yap :D
      ini demi buah hati tercinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *