Merawat Komponen AC Mobil Panther

StumbleUponDeliciousGoogle+TwitterPinterestShare

Salah satu komponen mobil Panther yang harus dijaga dengan baik adalah AC. Kan tidak enak klo mengendari mobil di cuaca panas dan AC mati. Menurut Hendrik, pemiliki bengkel spesialis AC Vent’s kepada Kompas Online jika saat AC mobil dinyalakan mengeluarkan suara “CES” yang panjang ini bisa berarti persediaan Freon kurang atau sudah habis. Freon merupakan cairan yang di dalam sistem AC diubah menjadi gas melalui sebuah proses singkat dengan tekanan tinggi. Pada saat proses berlanjut, sifat kimiatetrafluoroethane yang terkandung dalam Freon berubah menjadi dingin dan mendinginkan ruangan.

ac-mobil-phanterSebenarnya Freon habis atau tidak; tidak akan berpengaruh pada komponen mobil Panther. Nah, kalau seandainya Freon habis berati ada masalah pada komponen mobil Panther. Menurut Hendrik bila ada Freon yang habis dalam sistem AC berarti ada satu komponen yang rusak atau bocor seperti selang, kondensor, sil-sil atau evaporator.

Tips Merawat AC Mobil Panther

Untuk menjaga AC tetap awet untuk waktu yang lama berikut beberapa tips dan triknya:

  • Kuras Freon setahun sekali atau setiap 20.000 km. Hanya menggunakan Freon yang asli dan memang sudah terpecaya.
  • Jangan rpm terlalu tinggi, pastikan  selalu di bawah 4000 rpm saat mengendarakan mobil Panther Anda. AC pada mobil Panther tidak diracang untuk bergerak dalam putaran tinggi.
  • Ketika harus menunggu dan harus berhenti karena macet lebih dair 10 menit, AC lebih baik dimatikan.
  • Jangan terlalu lama menggunakan Freon. Pastikan menganti Freon setahun sekali atau setiap 20.000 km. Freon mempunyai sifat asli cair jadi lama kelamaan Freon akan menguap dan kembali ke menjadi cairan. Nantinya kapasitas akan berkurang drastic dan rekan biking sil sambungan AC getas.
  • Pastikan dalam mobil selalu dibersihkan satu minggu sekali dan sampah jangan pernah ditumpuk di mobil agar tidak terhisap sehingga menempel pada evaporator. Seandainya ketika AC dinyalakan dan tercium bau kecut berarti ada kotoran menempel pada evaporator yang mengandung bakteri. Hal ini harus segera ditanganin dengan membersihkannya atau langsung bawa ke servis AC mobil.
  • Jika AC sudah gak dingin, jangan maksain dia terus bekerja. Biasanya AC sudah tidak dingin karena Freon habis atau kurang. Bila Anda terus memaksa komponen mobil Panther ini terus bekerja, komposer mesin yang terpaksa bekerja tanpa Freon dan pelumas akan cepat mematikannya.
  • Jangan lupa melakukan pengecekan pada saluran air dari komponen AC karena saluran ini bisa tersumbat, terlepat, terlipat atau bocor. Biasanya kalau ada tetesan air dari AC, hal pertama yang harus dicek adalah selangnya.
  • Ketika selang Freon bocor, Freon akan cepat habis. Biasanya penyebab selang bocor dikarrenakan adanya gesekan. Untuk menghindarinya dari gesekan, And abisa menganjalnya dengan pipa spon atau bisa yang dibelah.

Semoga artikel Merawat AC mobil Panther ini bisa berguna.

1 comment for “Merawat Komponen AC Mobil Panther

  1. Mei 26, 2013 at 12:40 am

    salam sukses..

    siip..artikel yang sangat bermanfaat..
    ijin share om

    makasih ya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *