Merawat Gitar Akustik Anda

gitar akustikGitar akustik merupakan alat musik paling populer dan tersebar hampir diseluruh penjuru dunia. Jumlah pemainnya lebih banyak dibandingkan alat musik lainnya. Bisa dibilang hal ini juga dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan alat musik senar lainnya sepertu biola, gitar listrik, piano atau kecapi.

Mudah dibawa dan suara yang dihasilkan bagus menjadi faktor lain yang membuat para musisi baik pemula dan professional menggunakannya. Apalagi pada zaman ini, permainan gitar akustik bisa belajar secara otodidak dengan menggunakan video-video latihan gitar yang banyak diupload.

Tips Merawat Gitar Akustik Agar Awet

Perlu diingat bahwa sebagian besar bagian alat musik gitar ini terdiri dari kayu sehingga sebagai pemiliknya, Anda tahu gimana cara merawat yang tepat agar kualitas suaranya tetap terjaga dengan baik. Selain kualitas suara, perawatan juga dibutuhkan agar tampilan gitar tetap bagus dan elegan. Berikut ini beberapa cara merawat gitar akustik Anda:

Simpan di Tempat yang Tepat

Karena gitar terbuat dari kayu, Anda tidak boleh meletakannya sembarangan. Jadi jangan melakukan beberapa hal berikut:

  • Jangan menyenderkan gitar pada bidang vertikal seperti tembok yang memiliki permukaan yang licin karena gitar akan mudah tergelincir dan jatuh.
  • Hindari mengantung gitar terlalu tinggi. Bila tali yang digunakan untuk mengantung kuat sih tidak apa-apa tapi kalau tali yang mudah putus seperti tali raffia, mending urungkan niat deh daripada nanti gitar rusak.
  • Jangan juga membiarkan gitar tergeletak begitu saja di lantai. Kan sayang kalau tidak sengaja tertendang atau terinjak.
  • Hindari meletakan di tempat yang lembab dan basah karena bisa menyebabkan gitar jamuran. Kalau kayu sudah kena jamur, akan sangat susah dibersihkan. Pilih ruangan yang memiliki silkulasi ud

Gimana cara meletakan gitar dengan benar dan baik? Gunakanlah “Stand Gitar” bila Anda sering menggunakan gitar. Bila untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang panjang, disarankan gitar disimpan di dalam tas gitar baik itu soft case atau hard case. Tas gitar mampu menjaga gitar dari debu, goresan atau guncangan.

Bersihkan Secara Teratur

Pada saat memainkan, keringat tubuh akan menempel pada badan gitar. Keringat memiliki asam yang dapat merusak kayu ketika tidak dibersihkan dengan benar. Kegiatan membersihkan ini juga diperlukan agar debu tidak menumpuk. Berikut cara membersihkan gitar:

  • Senar harus dilepaskan agar mudah membersihkannya
  • Letakan gitar di daerah yang rata agar proses pembersihan mudah dilakukan
  • Gunakan lap bersih dan halus seperti lap kacamata untuk membersihakn seluruh badan gitar
  • Jangan pernah menggunakan zat kimia utnuk membersihkannya kecuali bahan pembersih tersebut merupakan bahan pembersih khusus gitar akustik kayu

Merawat Senar

  • Selain melakukan perawatan pada badan gitar, senar tidak boleh dilupakan. Perlu Anda tahu bahwa gitar memiliki 2 jenis senar yaitu senar steel (gitar akustik folk) dan senar nylon (gitar akustik classic). Jadi saat akan menganti senar, cari jenis senar yang sama dengan yang digunakan oleh gitar Anda.
  • Kedurkan senarnya jika Anda tidak akan memainkannya dalam jangka waktu yang lama. Ini dilakukan agar bagian neck gitar tidak bengkok. Dan jangan lupa menggunan trussrod untuk menjaga agar bentuk neck gitar tidak mudah bengkok.

Semoga tips merawat gitar akustik ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *