Merawat Air Conditioner Tipe Split

Air conditioner tipe split adalah tipe ac yang kita kenal dan banyak dijual di pasaran saat ini. Tipe AC ini merupakan tipe AC yang paling banyak digunakan untuk rumah. Pada umumnya AC ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • air conditioner splitKomponen dalam merupakan komponen yang menghasilkan udara dingin.
  • Komponen luar adalah komponen yang berfungsi mengeluarkan udara panas dan suara kipasnya berisik.
  • Selang khusus yang menghubungi komponen dalam dan luar, selang khusus ini membantu pertukaran udara yang terjadi antara komponen.

Keuntungan dalam menggunakan AC split adalah setiap tipe AC ini bisa diatur sendiri suhu / tingkat dingin selama ada remote control Berbeda dengan AC central. AC central hanya bisa diatur dari pusatnya sehingga suhu setiap ruangan hampir sama kecuali ruangan tersebut memiliki jendela yang bisa dibuka maka suhunya akan berbeda dengan yang lain.

Air conditioner split termasuk barang elektronik mewah. Harganya bisa lebih dari Rp 1 juta per unit. Bisa dibilang AC lebih banyak dipasarkan di daerah tropis karena musim panasnya yang lebih panjang. AC membantu memastikan udara di ruang dingin walaupun diluar ruangan sedang panas terik. Uang yang dikeluarkan memang banyak jadi sangat sayang jika hanya dipakai beberapa bulan sudah rusak. Agar AC tidak mudah rusak, Anda harus cari cara merawat Air Conditioner tipe split yang benar.

Tips Perawatan Air Conditioner Split

  • Satu hal yang perlu diketauhi, dalam membeli AC, Anda harus memilih AC yang sesuai dengan ukuran ruangan. Bila ternyata AC yang Anda beli lebih cocok untuk ruangan kecil, padahal Anda menggunakan untuk 1 lantai maka jangan harap AC tersebut akan bertahan lama. Walaupun Anda mengeluarkan uang untuk segala perawatan, AC tersebut akan cepat rusak karena tenaga yang perlu dikeluarkan sangat banyak untuk mendinginkan ruangan itu.
  • Lakukan servis secara berkala. Setiap jasa pemasangan atau toko jual AC, menawarkan juga jasa servis pasca pembelian. Gunakan layanan servis tersebut secara teratur. Setidaknya 1 kali setahun untuk memeriksa apakah AC bermasalah.
  • Gunakan timer agar AC bisa mati sendiri pada saat kita tidur. Ini mencegah agar AC tidak bekerja terlalu berlebihan. Semakin sering AC digunakan, semakin cepat dia rusak.
  • Pada saat akan berpergian lama, matikan saja AC. Toh tidak ada orang yang akan menikmatinya karena semua orang tidak ada di rumah. Selain memperpanjang umur AC, Anda juga mengurangi biaya listrik.
  • Tutup semua ventilasi, jendela dan pintu ketika AC akan dinyalakan. Bila udara tidak kunjung dingin, AC akan terus mengeluarkan energi melebihi seharusnya. Hal ini dikarenakan AC split dilengkapi sebuah pengukur suhu, bila suhu belum dingin, AC akan terus menerus bekerja hingga ruangan dingin barulah AC mengurangi sistem kerjanya menjadi menjaga ruangan agar kondisinya tetap dingin.

Semoga artikel perawatan air conditioner split ini membantu. –hm-

1 comment for “Merawat Air Conditioner Tipe Split

  1. Maret 6, 2014 at 9:17 pm

    Ternyata untuk merawat air conditioner tidak terlalu sulit juga ya. Simpel dan pastinya tidak memakan banyak waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *