Menurunkan Berat Badan Setelah Idul Fitri

Pas lebaran idul fitri, seringkali kita kalap dalam mengkonsumsi makanan. Mana tidak, setiap silaturahim ke rumah keluarga, tetangga dan teman; kita disugguhi aneka ragam makanan lezat dan enak. Dan bukan ramadhan namanya bila tidak ada hidangan seperti ketupat, sate, opor ayam, rendang dan sambel kentang goreng hati. Beberapa daerah menambahkan menu khas masing-masing seperti empek-empek untuk Palembang dan nasi kuning untuk Jawa Timur. Makanan yang enak sungguh sebuah godaan apalagi rasa tidak enak hati untuk menolak makanan yang sudah segaja dibuat oleh tuan rumah. Tak kala, setiap bertamu pun kita menghabiskan santapan yang disajikan untuk kita.

Dengan mengkonsumsi makanan goreng dan penuh santan, tidak heran bila berat badan kita naik beberapa kilo setelah idul fitri. Untuk menurunkan berat badan kita secara alami setelah idul fitri, tentu cara yang kita gunakan hanya satu yaitu diet dan berolahraga. Namun jangan salah, bukan sembarangan diet. Diet yang dianjurkan adalah diet sehat yang tidak hanya membantu kita menurunkan berat badan berlebihan tetapi juga membantu meningkatkan imunitas dan pola hidup.

Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan;

  • menurunkan berat badanMiliki niat untuk menurunkan berat badan. Agar tidak lupa, kita bisa membuat reminder di tempat yang mudah kita lihat. Ingat tanpa niat yang kuat, sesuatu yang kita mulai tidak akan pernah bisa kita akhiri dengan baik. So, niat itu penting kalo perlu minta keluarga dan teman untuk mengingatkan kita terus menurus.
  • Kurangi asupan karbohidrat dan perbanyakan asupan serat. Kabohidrat seperti nasi putih saatnya dikurangi atau diganti dengan nasi merah yang penuh dengan serat. Tidak hanya serat dari nasi merah, kita perlu memperbanyak serat dengan mengkonsumsi buah dan sayur. 1/2 dari piring harus berisikan serat. 1/2nya lagi barulah berisi nasi dan daging.
  • Kurangi konsumsi kulit dalam bentuk dan dari hewan apapun. Kulit pada ayam, sapi, kerbau, bebek, babi dan hewan lainnya memiliki tingkat lemak yang sangat tinggi. Jadi untuk daging tetap boleh dikonsumsi namun gak boleh dengan kulitnya.
  • Jangan digoreng, cara memasak yang sehat dan baik untuk tubuh adalah rebus, tanak, oven dan cara lainnya. Bila sampai perlu mengoreng, pastikan kita menggunakan minyak yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Perbanyak konsumsi air putih dan hindari mengkonsumsi minuman bersoda, jus, smoothie serta minuman yang mengandung gula kebanyakan. Air putih memiliki tingkat lemak 0 (nol) dan sangat baik bagi tubuh karna dapat membantu tubuh membuang toxin. Minuman lain memiliki kadar gula yang tinggi berarti memiliki tingkat lemak yang tinggi pula.
  • Perdikit konsumsi garam dan micin. Pastinya udah pada tahu bahwa micin memang tidak baik untuk tubuh tetapi gimana dengan garam? Garam bisa mengikat cairan sehingga membuat otot dan jaringan lainnya makin berat (penumpukan cairan). Dengan banyaknya penumpukan cairan  membuat kita gelembung di mana-mana.
  • Olahraga secara teratur. Setiap hari lakukan jalan kaki, jogging atau berenang. Dan seminggu sekali bolehlah kita olahraga cardio. Tubuh sehat dimulai dengan berolahraga.

Menurunkan berat badan bukan sebuah yang instan. Lakukan tips diatas secara teratur setidaknya 3 bulan untuk melihat hasilnya. Dapatkan berat badan ideal dan sehat. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *