Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Membaca adalah kegiatan yang penting untuk perkembangan psikologi anak. Kemampuan membaca memiliki peran sentral dalam membangun imajinasi anak dan keinginan untuk belajar. Setiap orang tua pastinya akan senang memiliki seorang anak yang rajin membaca. Akan tetapi, minat untuk membaca tidak serta merta tumbuh begitu saja pada anak. Perlu beberapa tahap untuk memancing minat baca anak, seperti:

  • minat bacaMenjadi contoh yang baik untuk anak. Jika kita ingin menumbuhkan minat baca pada anak, berikan contoh padanya terlebih dahulu. Misalnya biasakan membaca koran di pagi hari, membaca buku sebelum tidur, atau mengisi waktu luang dengan membaca majalah. Buah tidak akan jatuh dari pohonnya, mungkin Anda pernah mendengar pepatah ini. Oleh sebab itu, berikan contoh yang baik kepada anak terlebih dahulu agar anak dapat mengikuti jejak kita.
  • Ajak anak ke toko buku untuk memilih buku favoritnya. Terkadang, selera pilihan bacaan kita dengan anak tidaklah sejalan. Misalnya, kita menyukai buku-buku cerita yang istanasentris alias bercerita tentang kehidupan kerajaan. Namun, di sisi lain ternyata anak kita menyukai bacaan tentang petualangan. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengajaknya ke toko buku dan memilih buku yang disukainya. Akan tetapi, pastikan bahwa buku yang dipilihnya aman untuk dibaca dan memiliki nilai moral tentang kehidupan.
  • Sediakan tempat membaca yang nyaman. Entah itu sofa dengan bantalan empuk atau meja dengan penerangan yang cerah. Pilih tempat membaca paling nyaman sehingga Anda dan anak betah berlama-lama untuk membaca. Hindari pula memilih tempat yang memiliki banyak distraksi seperti di dekat jendela atau televisi. Sebab konsentrasi anak akan terpecah dan tidak fokus untuk membaca.
  • Biasakan untuk berdiskusi tentang buku yang dibaca. Setelah menyelesaikan sebuah buku, ajak anak untuk menyampaikan perasaannya terhadap buku yang ia selesaikan. Libatkan diri Anda dalam percakapan untuk merangsang daya imajinatifnya dan pemahaman terhadap buku tersebut.
  • Jika anak Anda sudah memiliki pengarang favorit, berikan buku-buku karya pengarang tersebut kepada anak. Atau jika tidak ada, berikan buku yang memiliki tema atau gaya penceritaan yang serupa untuk anak.
  • Mengajak menonton film yang diadaptasi dari buku cerita, misalnya saja film-film buatan Disney atau Pixar yang ada buku ceritanya. Dengan begitu, anak akan merasa takjub dengan dunia film yang diciptakan dari kisah sebuah buku. Anda juga bisa mengajaknya berdiskusi tentang perbedaan yang ditemukan antara film dan buku.

Semangat ya Mama dan Papa untuk terus meningkatkan minat baca pada anak(Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *