Menonton Film untuk Proses Belajar Bahasa Inggris

menonton filmIngin belajar bahasa inggris cepat? Salah satu cara belajar bahasa inggris yang pastinya membuat kita pada betah belajar adalah menonton film. Film dengan genre apapun bahkan kartun bisa membantu kita belajar bahasa inggris dengan cepat, asalkan film tersebut berbahasa inggris. Jika belum begitu mengusai vocab bahasa inggris, carilah film dengan subtitle Indonesia. Namun jika sudah banyak vocab bahasa inggris yang dikuasai, tidak ada salahnya menantang diri sendiri untuk menoton film dengan subtitle berbahasa inggris. Untuk level berikutnya setelah yakin akan kemampuan kita memahami bahasa inggris lewak percakapan, saatnya mencoba menonton film bahasa inggris tanpa subtitle.

Satu hal yang perlu diingat ketika menonton film dengan subtitle, yaitu: jangan terpaku hanya membaca subtitle tapi tajamkan juga telinga untuk mendengarkan setiap percakapan karakter di film tersebut. Dengan begitu kita bisa meningkatan daya listening kita akan bahasa inggris.

Keuntungan Menonton Film Bahasa Inggris untuk Proses Belajar Bahasa Inggris

Apa sih keuntungan nonton film berbahasa inggris tanpa subtitle Indonesia?

Melatih Telinga

Membiasakan telinga kita untuk mendengar kata-kata dalam bahasa inggris sehingga daya tangkap telinga akan kata dalam bahasa inggris tinggi. Dengan daya tangkap yang baik akan memudahkan kita dalam komunikasi bahasa inggris. Secara sederhana meningkatan daya listening kita akan bahasa inggris.

Menambah Vocab

Membuat kita memahami kata / vocaburaly lebih cepat dan tahu cara pengaplikasiannya dalam sebuah kalimat. Ingat, sebuah kata bahasa inggris memiliki banyak arti. Contoh penggunaan kata “Run” dalam 2 kalimat dibawah ini

  • I will run until finish line => Aku berlari hingga garis akhir
  • This business has been running by me for 2 years => Bisnis ini telah saya jalankan/gerutin selama 2 tahun

1 kata “Run” dalam ke-2 kalimat di atas memiliki arti yang berbeda-beda disesuaikan dengan kontek kalimat.

Meningkatkan Minat Belajar

Karena kita bisa memilih film yang akan kita tonton, kita dapat memilih film kesukaan seperti film Avenger, Spiderman, X-men, NCIS dan sebagainya. Dengan cara menonton film kesukaan tanpa subtitle, kita secara tak segaja telah meningkatkan minat kita dalam belajar bahasa inggris karena kita pastinya ingin mengerti alur cerita yang sedang kita tonton. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *