Menikmati Sisi Makassar saat Bulan Puasa

Bulan puasa tentu tidak membuat niat para wisawatan untuk berkunjung ke kota Makassar. Di saat bulan puasa, Makassar tetap bisa memunculkan persona wisatanya. Jadi tidak heran bila beberapa Makassar hotel tetap penuh akan pengunjung pada bulan puasa.

Apa yang menarik dari Makassar selama Bulan Puasa?

Mungkin banyak orang yang merasa bingung apa yang ditawarkan Makassar selama bulan puasa hingga masih aja ada orang yang datang mengujunginya walaupun sedang puasa. Nah berikut beberapa hal yang bisa Anda nikmati hanya di Makassar selama bulan puasa:

Ngabuburit di Pantai Tosari

Ngabuburit di Pantai TosariNgabuburit berasal dari kata sunda “Burit” yang berarti sore atau petang. Sehingga bisa diartikan bahwa ngabuburit adalah aktivitas menghabiskan waktu di luar rumah sambal menunggu waktu untuk berbuka puasa. Di Makassar, lokasi yang favorit adalah Pantai Tosari.

Alasan pantai ini menjadi favorite ngabuburit adalah lokasi yang mudah dicapai dan pantai ini menyediahkan jalur pejalanan kaki yang nyaman. Selain itu di sekitar pantai ini, tersediah jajanan jalanan dari cemilan, minuman hingga makanan berat jadi tidak perlu khawatir tidak ada makanan untuk buka puasa. Malahan, sakin banyaknya makanan yang tersedia setiap hari bisa memilih makanan yang berbeda-beda.

Untuk menikmati sisi Makassar saat bulan puasa secara penuh, setelah ngabuburit di Pantai Tosari, berbukalah dengan makanan khas Makassar  yang ada di sepanjang Pantai Tosari, yaitu:

Es Palu Butung

Es palu butung merupakan sajian khas yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang kapok. Pisang kapok akan dikukus terlebih dahulu sebelum dipotong untuk disajikan dengan bubur tepung belas lengkap dengan es dan sirup merahnya.  Segar dan nikmat pastinya.

Pisang Epe

Siapa yang tidak kenal dengan cemilan ini? Pastinya sudah tahu, apalagi jika di sepanjang jalan Pantai Tosari, berjajar  pedagang jajanan pisang ape. Pisang ape ini merupakan hidangan pisang kapok setengah tua dibakar hingga setengah matang. Pisang yang sudah dibakar akan dihidangkan dengan berbagai pilihan rasa seperti orisinal, keju, cokelat dan duren.

Jajanan Khas di Pasar Mappanyukki

Pasar Mappanyukki memiliki daya tarik yang berbeda dengan pasar tradisional lain yang ada di Makassar. Di pasar ini, bisa ditemukan aneka kue tradisional Bugis seperti pisang ijo, putu cangkiri, jalangkote, biji nangka, cucur bayao dan lainnya. Selain kue tradisional, disini juga tersedia makanan tradisional yang pasti cocok menemani acara berbuka puasa Anda seperti cumi goreng saus, ikan bakar bumbu parape, acar bumbu telur puyuh, lawar jantung pisang dan lainnya.

Pasar ini tidak hanya menjual makanan dan kue jadi saja, disini Anda bisa membeli buah dengan harga murah yang bisa dimakan untuk sahur. Buah mengandung minelar dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Pusat Oleh – Oleh Somba Opu

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Makassar dengan mendatangi Somba Opu, Pusat Oleh-Oleh Khas Makassar. Karena di sana, Anda bisa berwisata kuliner serta memilih jenis oleh-oleh khas  baik makanan atau souvenir dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin untuk dibawa dan diberikan kepada tetangga atau kerabat di tempat Anda tinggal.

Selain dua lokasi ini, pastinya masih banyak tempat populer lain yang perlu Anda kunjungi. Namun jangan lupa, jika berencana berlibur ke Makassar,  harap booking kamar Makassar hotel dan tiket pesawat terlebih dahulu. sampai jumpa di artikel informasi liburan lainnya–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *