Menggunakan Water Heater dengan Tangki

Banyak manfaat yang didapatkan dengan mandi menggunakan air hangat, tertuma bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan aktifitas padat, mandi dengan air hangat bisa merelaksasikan tubuh dan pikiran. Untuk dapat memenuhi kebutuhannya banyak yang memilih menggunakan Water Heater  (WH) sehingga tidak perlu repot memasak air setiap kali membutuhkan air panas untuk keperluan mandi.

water heaterAda beberapa orang yang ingin serba praktis dan cepat, mereka biasanya akan memilih WH dengan tangki penyimpanan, sehingga air panas akan selalu tersedia. Berbeda dengan WH jenis tankless yang hdengan penggunaan WH jenis tangki. Keuntungannya yaitu karena memiliki tempat untuk menyimpan cadangan air panas, maka air panas akan dapat selalu tersedia. Sangat bermanfaat jika penggunaan air panas dalam kapasitas banyak dalam waktu berdekatan. Jumlah kapasitas air yang disimpan bergantung pada ukuran tangki yang digunakan.

Kerugian ketika menggunakan WH jenis ini yaitu biaya yang harus dikeluarkan cukup besar karena tangki akan terus melakukan proses pemanasan untuk menjaga suhu, sehingga suhu air akan tetap terjaga. Terlebih jika ukuran tangki yang dipilih cukup besar, maka tenaga yang harus dikeluarkan untuk menjaga suhu tangki tersebut akan semakin besar dan berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan. Namun jika menggunakan WH jenis ini dengan tenaga surya hal ini bukan masalah, karena tenaga yang digunakan adalah tenaga surya/matahari yang bisa didapatkan tanpa harus membayar. Proses pemanasan terjadi di siang hari dan berlangsung sekitar 5 jam (tergantung cuaca dan kapasitas air).

Kebersihan tangki pada WH jenis ini harus selalu diperhatikan. Karena faktor kebersihan tangki ini menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan pada Water Heater. Oleh karena itu , pastikan air yang masuk kedalam tangki ini adalah air yang bersih (tidak ada bebatuan kecil dan tidak mengandung kapur yang tinggi) karena selain dapat menyumbat aliran air sehingga air tidak dapat mengalir sempurna, tetapi juga dapat merusak komponen dalam WH.

Walaupun air yang masuk dalam tangki sudah dipastikan bersih, namun tangki juga tetap harus dibersihkan secara berkala, tujuannya agar tidak ada lumut dan membersihkan dari endapan mineral. Cara membersihkannya yaitu dengan mengeluarkan terlebih dahulu seluruh air dalam tangki, dan bersihkan seluruh komponennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *