Menggunakan Mesin Cuci Front Loading

Satu peralatan elektronik rumah tangga yang penting adalah mesin cuci terutama yang menggunakan sistem front loading. Dengan adanya mesin cuci ini, tentu saja perkerjaan seorang ibu rumah tangga akan lebih ringan. Namun perlu diingat bahwa peralatan elektronik memiliki umur yang pendek jika kita tidak menggunakan dan merawatnya dengan baik.

Tips Menggunakan Mesin Cuci Front Loading dengan Baik

Berikut ini beberapa tips menggunakan mesin cuci front loading dengan baik agar awet:

Selalu menggunakan deterjen khusus

Deterjen khusus mesin cuci sekarang sudah banyak beredar dipasaran. Berbagai pilihan dan merek disediakan. Jangan sembarangan memilih. Pilihlah deterjen yang high efficiency yang sudah dibuat khusus dengan formula yang tidak merusak dan cocok dengan mesin cuci pintu depan.

Jalankan sistem Machine Cleaning Cycle

mesin cuciBeberapa mesin cuci dilengkapi dengan sistem Machine Cleaning Cycle. Sistem ini membantu membersihkan mesin cuci dari jamur dan bau yang tidak sedap. Pada saat menjalankan sistem ini, kita todak boleh menggunakan deterjen biasa tetapi harus sabun khusus pembersih mesin cuci seperti Affresh dan Smelly Washer.  Kapan menjalankan sistem ini? Cek buku panduan karena setiap merek memiliki ketentuan yang berbeda jadi amannya baca buku panduan untuk mengetahuinya.

Sekali – kali Gunakan Sistem Mencuci dengan Air Panas

Memang mencuci dengan air dingin lebih hemat energi  namua ada beberapa bagian mesin cuci yang dilalui air yang tidak bisa kita bersihkan. Lakukan sekali – kali mencuci dengan sistem air panas agar residu – residu yang tersisa bisa ikut dibersihkan.

Biarkan Pintu Mesin Cuci Tetap Terbuka Ketika Tidak Digunakan

Bagian dalam tong pencuci akan sangat lembab setelah proses pencucian dan pengeringan selesai. Kelembapan ditambah wangi sabun  ternyata dapat menghasilkan bau tidak sedap dan jamur terutama pada karet pintu. Agar terhindar dari masalah ini, caranya sangat gampang:

  • Biarkan pintu terbuka agar terjadi silkulasi udara yang baik.
  • Keringkan bagian dalam tong pencuci dengan kain.
  • Lakukan hal yang sama dengan karet pintu dan penyegel pintu karena biasanya disana paling banyak tersimpan sisa – sisa air.

Bersihkan dan Keringkan Laci Deterjen setelah Pemakaian

Seringkali orang tidak memperhatikan laci deterjen setelah pemakaian. Ingat bahwa laci deterjen memiliki peluang lebih besar sebagai tempat bertumbuhnya jamur dan timbulnya bau karena sisa deterjen basah yang mengedap terlalu lama. Cara mengatasinya:

  • Setelah selesai mencuci, mengeringkan bagian dalam tong pencuci dan karet pintu; saatnya beralih ke laci deterjen.
  • Buka laci deterjen, bersihkan sisa – sisa deterjen dengan lap kotor yang sudah daritadi digunakan.
  • Pastikan tidak ada deterjen yang tersisa.
  • Lalu lap ke-2 kali dengan tisu atau kain baru yang kering.

Pastikan Tidak ada Baju di Dalam Tong Pencucian

Disaat mengeluarkan baju yang sudah selesai dicuci, pastikan tidak ada yang tertinggal, sekecil apapun ukurannya. Barang yang lembab dan basah dapat meningkatkan pertumbuhan jamur.

Dengan mengetahui artikel tips menggunakan mesin cuci front loading ini semoga dapat membuat mesin cuci dirumah menjadi awet. Baca juga artikel informasi ASI dalam Lemari Es. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *