Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Kartu kredit memang sebuah kartu ajaib yang memungkinkan kita membeli berbagai hal dan membayarnya ketika kita punya uang. Namun kartu ini bagaikan perangkap yang dapat menyerat kita ke dalam hutang. Perangkap ini tentu bisa dihindari. Sayangnya, kita sering kalap. Dengan cara pengguna kartu yang baik dan betul, kita bisa menghindari perangkap credit  card dan memastikan diri kita tidak kalap saat menggunakannya.

Kiat Penggunaan Kartu Kredit Dengan Baik

Berikut beberapa tips agar bisa menggunakan credit card dengan baik dan betul:

  • kartu-kreditTentukan tujuan kenapa kita ingin mengajukan dan memiliki kartu ini. Dengan adanya tujuan pasti, kita tahu dalam kondisi apa kartu ini diperlukan atau tidak diperlukan. Seperti bunyi kalimat ini – “ Tidak ada tujuan, hidup ugal-ugalan alias tidak tahu harus melakukan apa”.
  • Pilihlah kartu dari Bank yang menawarkan bunga kecil. Bila seandainya tujuan kita adalah promo makanan maka carilah kartu yang menawarkan banyak promo diskon untuk makanan. Jadi selain melihat bunganya, pastikan pemilihan kartu dari Bank yang sesuai dengan tujuan kita. Dikarenakan lartu yang dibuat mempunyai tujuan, kita harus fokus menggunakan hanya untuk tujuan itu. Sekarang sudah banyak bank yang menawarkan kartu ini seperti Bank Mandiri, BCA, Bank Ekonomi, Bank Permata, HSBC dan lainnya.
  • Gunakan poin reward yang didapat ketika transaksi menggunakan kartu untuk mengurangi tagihannya. Namun ingat hanya gunakan kartu sesuai dengan tujuan awal bukan untuk mengumpulkan poin reward. Poin reward seperti namanya merupakan poin hadiah jadi anggap saja itu sebagai nilai plus bukan nilai utama yang diincar.
  • Bayar setiap tagihan kita tepat waktu akan menghindari kita dari bunga yang tinggi dan tidak menungak hutang lebih banyak lagi. Kita memiliki kecendrungan untuk menunda membayar hingga lunas (biasanya kita hanya membayar minimum payment) lalu bulan berikutnya kita melakukan hal yang sama, nantinya hutang menumpuk dan kita pusing cara membayarnya. Mending langsung bayar lunas ketika tagihan datang perbulannya.
  • Tidak disarankan bagi kita yang sedang dalam proses kredit (KTA, KPR atau kredit multiguna) pada Bank untuk memiliki kartu kredit. Kenapa? Jawabanya sangat sederhana yaitu kita sedang ngutang dan dalam proses membayarnya, kartu ini akan hanya menambah hutang yang harus dibayar perbulannya. Perbulan kita harus bayar cicilan rumah satu juta sisanya habis buat bayar tagihan kartu kan tidak lucu jadi mending jangan dulu dah terkecuali emang mampu mengatur keuangan dan berpenghasilan tinggi.
  • Batasi penggunaan dan jumlah kartu. Hanya gunakan kartu kredit pada waktu yang memang benar – benar membutuhkannya. Bila tidak mendesak, kita masih bisa bayar menggunakan uang di dompet atau debit. Jangan juga menggunakan kartu lebih dari dua (2) karena memiliki kartu yang banyak hanya akan membuat kita semakin boros.
  • Pantau secara berkala penggunaan kartu kita biar kita tahu selama satu bulan kita sudah menghabiskannya untuk apa dan di mana. Sekarang cara pengecekan ini sangat mudah karena kita sudah bisa mengeceknya via telepon atau internet banking.

Artikel kredit – Jangan sampai terjerat ke dalam perangkap kartu kredit.  –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *