Menggunakan Cat Pelapis Aquaproof

Cat pelapis Aquaproof merupakan salah satu jenis cat bertipe waterproof yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Aquaproof adalah produk lokal dengan kualitas internasional. Cat ini biasanya digunakan untuk atap dan dinding bagian luar. Agar bisa memanfaatkan cat anti air ini hingga maksimal, kita harus tahu tata cara penggunaan cat waterproof yang baik.

Cara Penggunaan Cat Pelapis Waterproof

Berikut ini tata cara penggunaan cat anti bocor:

Tahap Pertama Merapikan Permukaan yang akan Dicat

  • Pastikan permukaan yang ingin dicat harus bersih dan tidak rapuh. Bersihkan permukaan dari debu, minyak, jamur, karat, kotoran lain dan cat yang terkelupas. Pastikan permukaan rata, bersih dan kering.
  • cat pelapis aquaproofBila ternyata permukaan sudah rapuh atau berlubang, kita harus menambalnya dengan super cement sebagai primer. Pastikan lubang yang rapuk tersebut sudah tertutup dengan baik. Selain mempermudah penglapisan dan pengecatan, dinding juga akan terlihat rapi dan tidak berlubang – lubang.
  • Untuk permukaan yang retak, cat Aquaproof bisa langsung digunakan tentu saja dengan bantuan kape agar cat Aquaproof bisa mengisi setiap cela retak dengan rapi. Agar pelapisan lebih sempurna, kita bisa mencampurkan Aquaproof dengan pasir halus (max. 30 mesh) dengan perbandingan 1:1.
  • Untuk memperbaiki sambungan bergerak yang memerlukan daya tahan yang kuat, bisa menggunakan bantuan polyester mesh / supermesh. Cat bagian sambuangan yang ingin diperbaiki dengan Aquaproof. Sebelum cat kering, lapisi cat basah tersebut dengan polyester mesh / supermesh. Tunggu sampai kering untuk menambahkan lapisan ke-2 dan ke-3 cat Aquaproof.

Tahap Kedua Menggunakan Cat Pelapis

Ingat dinding yang akan dicat harus benar – benar kering dan bersih agar cat mudah nempel. Berikut cara menggunakan cat pelapis Aquaproof

  • Menggunakan kuas atau rol cat

Sapukan secara merata pada bagian yang ingin dilapisi. Lapisan pertama bisa dicat dengan satu arah baik itu secara horizontal ataupun vertikal. Pastikan semua bidang sudah dilapisi dengan rata. Biarkan kering untuk menambah lapisan ke-2. Harus pastikan seluruh permukaan dicat merata dan sempurna.

  • Menggunakan Airless Spray (cat dispray­ ke dinding)

Cat aquaproof memang agak kental tetapi kita tetap bisa menggunakan alat airless spray. Semprotkan secara merata kepada dinding. Pastikan setiap bagian tertutupi secara rata dan biarkan kering agar bisa menambah lapisan ke-2. Tidak adanya menambah lapisan ke-3.

Setelah lapisan waterproof sudah jadi dan kering, kita bisa langsung menimpalinya dengan cat rumah dengan warna yang kita telah tentukan. Semoga artikel cat pelapis ini membantu. –hm-

5 comments for “Menggunakan Cat Pelapis Aquaproof

  1. mas sam
    Desember 20, 2013 at 11:22 am

    makasih gan infonya sangat bermanfaat

  2. bang gun
    Februari 13, 2014 at 12:06 pm

    makasi om

  3. hari pratondo
    Februari 18, 2014 at 12:58 pm

    Informasi yang sangat bermanfaat. Tq

  4. adhe
    Agustus 26, 2014 at 10:24 am

    setiap satu kaleng apa harus di tambah air lagi apa tidak..

    • Heni
      Oktober 1, 2014 at 2:07 pm

      di sarankan tidak dicampur air :D Dan berapa banyak penggunaannya disesuaikan kebutuhan. Jika perlu 1 kaleng ya 1 kaleng.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *