Mengenal Teknologi Mesin Diesel Isuzu

Mesin diesel mobil Isuzu memiliki setidaknya satu kesamaan dengan mesin diesel mobil lain. Kesamaan mesin-mesin diesel adalah memiliki asal muasal yang sama. Mesin diesel pertama diciptakan oleh seorang  penemu Jerman yang bernama Rudolf Diesel. Nama lengkap Rudolf Diesel adalah Rudolf Christian Karl Diesel. Penemuannya yang paling populer dan membuat namanya terkenal adalah sebuah mesin diesel.

mesin diesel mobil isuzuPada awalnya mesin diesel yang diciptakannya dinamai mesin minyak. Dia menerima hak paten untuk mesin ini pada tanggal 23 Februari 1893. Dan pada tanggal 10 agustus 1893, dia berhasil menciptakan mesin minyak pertama yang menjadi citrabakal mesin diesel yang digunakan oleh kita hingga sekarang. Hak paten untuk mesin ini adalah 608845. Untuk menghargai dan menghormati jasanya, nama mesin minyak diganti menjadi mesin diesel. Diesel adalah nama belakang dari Rudolf.

Kenapa Perkembangan Mesin Diesel Lambat?

Sejak dari awal, mesin diesel diciptakan dengan memanfaatkan kompresi yang sangat tinggi agar mesin bisa membakar solar dengan sendirinya tanpa adanya bantuan dari busi. Jadi sejak awal mesin ini sudah memiliki efisiensi penggunaan panas yang efektif sebesar 30%-40% bila dibandingkan besin yang penggunaan panasnya hanya 22%-30%. Sehingga boleh dibilang perkembangan teknologi ini memang terkesan lambat padahal, dari awal mesin diesel sudah diciptakan dengan kemajuan teknologi yang memang di atas mesin bensin. Mesin diesel sudah memenuhi persyaratan emisi yang sudah mulai diterapkan sekarang ini.

Penyebab Masalah Pada Mesin Diesel Mobil Isuzu

Biasanya mesin diesel terutama mesin mobil isuzu mengalami masalah disebabkan oleh dua faktor yaitu bermasalah pada Saringan Bahan Bakar dan Filter Udara. Faktor lainnya yang bisa menyebabkan masalah pada mesin diesel biasanya jarang, yang paling sering hanya 2 faktor ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Kelebihan Mesin Diesel

Berikut ini beberapa kelebihan dari mesin diesel

  • Penggunaan bahan bakar yang lebih hemat dari pada mesin bensin karena mesin diesel memiliki efisien panas yang baik
  • Lebih awet dan tidak membutuhkan electric igniter
  • Mesin diesel lebih fleksibel dan mudah dioperasikan

Kekurangan Mesin Diesel

Berikut ini beberapa kekurangan mesin diesel

  • Suara getaran lebih keras dibandingkan mesin bensin karena tekanan pembakaran mesin diesel memang lebih kuat
  • Mesin diesel lebih mahal

Semoga dengan artikel informasi mengenal teknologi mesin diesel mobil isuzu membantu Anda –hm-

1 comment for “Mengenal Teknologi Mesin Diesel Isuzu

  1. Februari 24, 2014 at 9:23 pm

    Wah kirain mau mbahas mesin isuzu, by the way thangkiu atas informasi dan artikelnya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *