Mengenal Konsep Coworking Space

coworking justco
image source: JustCo

Tahukah Anda apa itu coworking space? Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahuinya, terutama Anda yang sudah pernah menggunakan jasa coworking space Jakarta. Namun, banyak juga yang masih belum paham tentang konsep tersebut dan bagaimana cara kerjanya. Nah, supaya lebih jelas, berikut ini adalah penjelasan mengenai konsep tersebut.

Coworking space atau ruang kerja bersama, merupakan sebuah konsep di mana dalam satu ruangan kerja terdapat beberapa orang yang menjalankan bisnis berbeda. Dalam konsep ini, ruangan yang digunakan layaknya ruangan kantor pada umumnya. Hanya saja, jika biasanya satu ruangan digunakan oleh orang yang bekerja pada perusahaan yang sama, hal ini berbeda dengan coworking space. Untuk fasilitasnya sendiri sama seperti ruang kerja biasa, yaitu meja, bangku, listrik, dan WiFi. Jadi Anda tidak perlu repot membeli sendiri fasilitas tersebut dan hanya perlu menyediakan perangkat pribadi yang kira-kira dibutuhkan, seperti laptop atau PC.

Konsep ini pertama kali dilakukan di Wina, Austria oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll. Mereka mendirikan coworking space pertama di dunia dengan nama Schraubenfabrik pada tahun 2002. Di Indonesia sendiri, coworking space ini mulai diterapkan pertama kali di Bandung pada tahun 2010 dan saat ini sudah mulai banyak kota lain yang menyediakan jasa ini.

coworking space
image source: justco

Dengan adanya konsep ini, maka memungkinkan Anda bekerja dalam suasana kantor yang nyaman tetapi santai layaknya perusahaan lain pada umumnya, tetapi dengan biaya yang cukup terjangkau. Harga yang bersahabat merupakan salah satu keuntungan menggunakan coworking space. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang baru mulai membuka perusahaan dan membutuhkan kantor kecil untuk menjalankan usaha Anda. Atau, untuk Anda yang saat ini sedang mengembangkan usaha Anda, tetapi merasa cukup berat jika harus menyewa sebuah ruang kerja baru yang tentunya harganya cukup tinggi. Konsep ruangan bersama ini juga sering dimanfaatkan freelance yang membutuhkan ruang kerja tenang, nyaman, dan santai dengan fasilitas lengkap. Sebab, jika mereka bekerja di kafe atau di rumah, biasanya ada terlalu banyak gangguan yang pada akhirnya akan menghambat kerja mereka. Misalnya seperti koneksi internet yang kurang stabil.

Nah, dari penjelasan di atas, sudah paham kan sekarang apa itu konsep coworking space?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *