Mengenal Kamera Digital

kamera digitalCamera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia tentu nya melihat pangsa pasar dunia fotografi cukup besar. Di mana kebutuhan akan kamera juga semakin meningkat khusus nya untuk jenis kamera digital dan kamera SLR untuk para professional fotografer.  Ini disebabkan karena kemajuan teknologi dengan adanya era digital yang mampu mempengaruhi semua bidang termasuk fotografi. Dan satu hal lagi yang tidak bisa dipungkiri jika sekarang begitu mudah proses jual beli barang khusus nya dalam mendapatkan perlengkapan fotografi.

Kamera pada umunya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk merekam sebuah gambar dengan bantuan cahaya dan sebuah lensa. Khusus untuk jenis kamera digital, sebelum membeli nya perlu juga memahami dan mengenal kamera digital untuk mendapatkan kamera dengan kualitas terbaik dan memuaskan. Apalagi untuk para pemula, perlu tahu juga apa saja Kamera Terbaik Untuk Para Pemula. Untuk mengenal kamera digital ada beberapa hal yang perlu di pahami

Lensa Kamera Digital

Lensa dalam sebuah kamera merupakan bagian terpenting, atau bisa diumpamakan jika lensa adalah mata dari sebuah kamera. Lensa sebagai komponen penting mempunyai fungsi yang juga penting, di mana lensa merupakan media penyaring sebuah objek sebelum masuk ke data kamera tersebut. Nah, seperti nya perlu juga kita semua tahu hal-hal apa saja yang berkaitan dengan lensa, seperti :

  • Angel of view (sudut pandang). Arti dari sudut pandang dalam sebuah kamera adalah kemampuan untuk dapat mengambil objek secara utuh meskipun objek yang diambil mempunyai subjek yang sempit.
  • Focal Length. Ini diartikan sebuah jara atau titik lensa dengan sensor. Makin besar focal length, maka semakin besar kemampuan lensa untuk memperbesar gambar.

Jendela Bidik Kamera Digital

Sebuah perangkat fotografi seperti kamera membutuhkan sebuah media, di mana media tersebut digunakan untuk melihat objek sebelum pengambilan gambar. Atau biasa disebut dengan jendela bidik. Seperti yang kita ketahui, bahwa perangkat pembidik dalam era digital ada 3 macam, yaitu :

1. Jendela Bidik Optik Paralel

Pembidik optik paralel ini akan sama persis dengan pembidik yang ada pada kamera saku analog. Pembidik optik paralel ini juga bisa dilihat pada kamera pocket konvensional

2. Jendela Bidik LCD (Liquid Crystal Display)

Ini berupa sebuah layar kecil yang ada dibagian belakang dari kamera. Kelemahan pada LCD ini adanya delay atau jeda pada saat menampilkan gambar setelah proses pemotretan. Karena ini, tentu nya akan menggangu dan menjadi tidak maksimal untuk kondisi terdapat momen-moment cepat.

3. Jendela Bidik Optic TTL (Thru the Lens)

Jendela bidik ini pada umumnya hanya untuk jenis kamera DSLR,  di mana jendal bidik ini digunakan untuk mengambil gambar langsung dari kamera menggunakan prisma pemantul.

Media Penyimpanan Kamera Digital

Untuk media penyimpanan data pada kamera ini biasanya bisa dihapus dan digunakan lagi. Sifat nya yang removable ini tentunya memudahkan dalam penyimpanan data karena bisa dengan mudah dipasang dan dilepas atau bisa juga langsung ditransfer ke komputer/notebook. Ada beberapa media simpan data dalam kamera  yaitu :

  • Compact Flash
  • PCMCIA
  • Smart Media
  • Memory Stick

Sampai jumpa di artikel informasi kamera digital lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *