Mengenal dan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan atau biasa disingkat dengan KTA merupakan produk pinjaman Bank atau Lembaga Keuangan yang tidak membutuhkan jaminan / agunan. Kenapa Bank atau Lembaga Keuangan berani memberikan pinjaman ini? Gak takut tiba-tiba peminjam tidak bisa bayar? Untuk meminimalisnya, tidak semua orang bisa mendapatkan KTA. Bank atau Lembaga Keuangan telah membuat peraturan dan ketentuan yang perlu dipenuhi para calon peminjam. Pembuatan peraturan ini dilakukan untuk memastikan calon peminjam bisa mengembalikan uang yang dipinjam melalui KTA.

Ketentuan dan Peraturan KTA Umum

Beberapa ketentuan dan peraturan umum yang ditetapkan oleh lembaga keuangan untuk kredit ini adalah:

  • uangTidak ada jaminan atau agunan yang dibutuhkan namun tidak berarti setiap pengajuan KTA bakalan diterima langsung. Berbagai step / langkah / proses harus dijalanan oleh seseorang agar pengajuannya disetujui. Step / langkah / proses yang dilakukan untuk memasikan bahwa pemohon memang bisa melakukan kewajibannya sebagai peminta KTA bisa mengembalikan pinjamannya. Jadi pengganti dari jaminan adalah “Kepastian calon peminjam / pemohon bisa mengembalikan uang pinjamannya”.
  • Jangka waktu peminjaman dan pengembalian yang singkat. Periode paling panjang dari peminjaman KTA adalah 36 bulan / 3 tahun. Tidak lebih dari itu. Bukannya bisa sampai 5 tahun? Ya, ada beberapa Bank atau Lembaga Keuangan yang menawarkan jangka peminjaman selama 5 tahun, tentu ada ketentuan tambahan.
  • Riwayat kredit serta perbankan yang bersih. Riwayat yang bersih dari calon peminjam berarti calon peminjam tidak pernah menungak pembayaran kredit, berhasil membayar lunas semua kredit yang dipinjam, punya pemasukan ke tabungan perbulannya, memiliki tabungan (simpanan/ deposito / saham) dan tidak pernah ada masalah dengan perbankan seperti tidak pernah ada kredit macet atau pembayaran tagihan kredit yang menumpuk.
  • Jumlah pinjaman dibatasi. Pembatasan ini bisa berdasarkan ketentuan Bank berdasarkan pengecekan Bank pada calon peminjam,
  • Calon peminjam kredit tanpa agunan harus melengkapi berbagai dokumen dan mematuhi persyaratan yang diberikan oleh lembaga keuangan. Jadi boleh dibilang, calon peminjam diharapkan untuk kooperatif serta terbuka akan keuangan dan riwayat perbankannya. Hal ini tidak hanya menguntungkan lembaga keuangan tetapi juga memastikan bahwa pemohon tidak akan terjerat hutang.
  • Bunga yang Besar. Dari semua produk kredit Bank, KTA merupakan kredit yang memiliki bunga paling tinggi. Semakin lama, periode peminjaman, semakin banyak bunga yang perlu dibayar.

Mempergunakan Kredit Tanpa Agunan Secara Bijak

Ingat, uang pinjaman dari KTA memiliki bunga yang sangat tinggi sehingga calon peminjam harus menggunakannya secara bijak. Ada baiknya, sebelum pengajuan, calon peminjam sudah tahu tujuan melakukan KTA. Beberapa contoh penggunakan KTA pada umumnya adalah

  • Modal usaha
  • Modal tambahan untuk membeli persediaan barang bagi usaha
  • Biaya kuliah
  • Uang DP rumah

Semoga artikel kredit tanpa agunan membantu.–hm-

2 comments for “Mengenal dan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan

  1. April 23, 2013 at 12:17 am

    Ajukan kta ke bank yang sudah kerjasama dengan kantor. Biasanya akan mendapatkan bunga yang rendah dan prosesnya mudah. Misal, jika gajian via Bank Mandiri, ajuka saja KTA Mandiri.

    • Heni
      Mei 1, 2013 at 3:30 pm

      makasi sarannya kak :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *