Mengenal Beberapa Rumah Adat Di Pulau Sumatera (Part II)

Saat mencari kelanjutan rumah adat yang terletak di Pulau Sumatera melalui internet Indonesia. Eee, ternyata masih banyak rumah adat yang tersebar di Pulau Sumatera. Namanya juga negara Indonesia, memiliki banyak kebudayaan yang berbeda dan sudah pasti rumah adatnya pun berbeda pula. Yukkss disimak saja kelanjutan rumah adat yang ada di Pulau Sumateranya:

  • Jambi. Nama rumah adat dari provinsi Jambi yaitu Panggung Kajang Leko. Rumah Panggung Kajang Leko merupakan konsep arsitektur dari Marga Bathin. Rumah Panggung Kajang Leko memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 12 meter x 9 meter. Keunikannya terletak pada struktur konstruksi & seni ukiran yang menghiasi bangunan. Rumah Panggung Kajang Lako memiliki 30 tiang yang terdiri dari 24 tiang utama dan 6 tiang palamban.

 

  • Bengkulu. Bubungan Lima adalah rumah adat yang terletak di provinsi Bengkulu. Bubungan Lima sejatinya merujuk pada rumah panggung. Material utama yang digunakan untuk rumah adat Bubungan Lima adalah kayu medang kemuning atau surian balam yang berkarakter lembut namun tahan lama. Lantainya terbuat dari papan, sementara atapnya terbuat dari ijuk enau atau sirap. Sementara di bagian depan, terdapat tangga untuk naik-turun rumah, yang jumlahnya biasanya ganjil (berkaitan dengan nilai adat).

Bubungan Lima bengkulu

  • Sumatera Selatan. Rumah adat dari Sumatera Selatan adalah Rumah Limas. Ciri khas dari rumah adat Sumatera Selatan ini yaitu atapnya yang berbentuk limas. Di rumah adat yang satu ini terdapat Bengkalis atau lantai yang bertingkat. Rumah Adat Limas biasanya hanya dipergunakan untuk kepentingan keluarga seperti hajatan. Ketika ada tamu yang datang biasanya disambut diteras rumah, lalu ditempatkan di lantai dua.

rumah limas sumatera selatan

  • Bangka Belitung. Rakit Limas adalah rumah adat khas Bangka Belitung yang secara arsitektur sebetulnya hampir mirip dengan rumah adat provinsi lain di Pulau Sumatera yang masih berkarakteristek Melayu. Rumah adat Rakit Limas dipengaruhi oleh falsafah sembilan tiang. Tiang bangunan terletak persis di bagian tengah rumah. Bagian dinding rumah adat rakit limas terbuat dari pelepah kayu kadang juga buluh atau bambu. Uniknya, dinding ini sama sekali tidak dipermanis dengan cat dan semacamnya.

rakit limas

  • Lampung. Rumah adat Lampung memiliki sebutan yang cukup unik yaitu Nuwou Sesat. Rumah Nowou Sesat berbentuk rumah panggung pada umumnya. Atap rumah adat terbuat dari ilalang yang dianyam, dinding dari kayu, dan didirikan sejajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung. Rumah adat yang satu ini sudah sangat jarang sekali ditemukan di Lampung.

Nuwou Sesat

Sudah pada tahu kan semua Rumah Adat yang tersebar di Pulau Sumatera? Semoga Bermanfaat.      –Sh–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *