Mengenal Beberapa Rumah Adat Di Pulau Sumatera (Part I)

Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adatnya masing-masing. Rumah adat yang dimiliki dijadikan sebagai ciri khas di setiap provinsi di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa negara Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Meskipun beragam, akan tetapi masyarakat Indonesia tetap bersatu dimanapun berada. Ketika mencari rumah adat di setiap provinsi di Indonesia melalui internet Indonesia pun langsung keluar semua gambar dari setiap rumah adat di berbagai provinsi di Indonesia.

Banyaknya rumah adat yang terdapat di Indonesia, terkadang membuat Kita bingung membedakan asal rumah adat tersebut.  Hhmm daripada bingung mending disimak aja beberapa rumah adat dari salah satu pulau yang ada di Indonesia yaitu Pulau Sumatera. Yuukkss check It Out

  • Nanggroe Aceh Darussalam. Provinsi yang terkenal dengan sebutan “Serambi Mekkah” ini memiliki rumah adat yang sangat unik. Nama rumah adat Nanggroe Aceh Darussalam adalah Rumoh Aceh. Rumoh Aceh ini bertipe rumah panggung dengan tiga bagian utama dan satu bagian tambahan. Tiga bagian utama dari Rumoh Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan satu bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur). Atap rumah berfungsi sebagai tempat penyimpanan pusaka keluarga.

Rumoh Aceh

  • Sumatera Utara. Rumah adat dari Sumatera Utara bernama Rumah Bolon. Rumah Bolon dijadikan sebagai simbol dan identitas untuk masyarakat batak yang tinggal di wilayah Sumatera Utara. Rumah Bolon mempunyai model seperti rumah panggung. Tinggi Rumah Bolon yaitu sekitar 1,75 meter. Jika ada yang berniat memasuki Rumah Bolon, maka harus naik melalui tangga yang terdapat di tengah-tengah Rumah Bolon. Rumah Bolon sendiri memiliki atap yang berbentuk seperti pelana Kuda.

Rumah Bolon

  • Sumatera Barat. Rumah adat di Sumatera Barat terkenal dengan nama Rumah Gadang atau Rumah Godang. Nama lain dari rumah adat di Sumatera Barat yaitu Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Fungsi dari rumah gadang yaitu untuk tempat tinggal bersama keluarga datuk-datuk yang berkuasa di suatu daerah di Sumatera Barat. Atap Rumah Gadang berbentuk seperti tanduk kerbau yang dibuat dari ijuk, akan tetapi sekarang diganti dengan seng. Rumah Gadang sendiri berbentuk persegi panjang.

Rumah Gadang

  • Kepulauan Riau. Nama rumah adat Kepulaun Riau adalah Rumah Belah Bubung (rumah rabung atau rumah bubung melayu). Rumah Belah Bubung terbagi menjadi 4 bagian yaitu selasar, ruang induk, ruang penghubung dapur, dan dapur. Rumah adat Belah Bubung digunakan untuk tempat bermusyawarah oleh masyarakat Kepulauan Riau.

rumah bubung melayu

Segitu dulu yaa rumah adat yang berasal dari Pulau Sumateranya. Nanti akan dilanjutkan lagi di part duanya. –Sh–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *