Mengenal Alat Berat Pada Pertanian

alat berat disc harrowSelama ini mungkin kita mengenal alat berat adalah alat yang digunakan untuk pembangun atau konstruksi bangunan. Namun, ternyata perusahaan yang jual alat berat juga menyediakan alat berat yang digunakan untuk keperluan pertanian. Ya, beberapa alat berat memang juga diperlukan pada sektor pertanian dan perkebunan, terutama pada pertanian dalam skala besar atau dengan wilayah pertanian yang sangat luas. Misalnya saja kebun kelapa sawit, tebu, atau kebun gandum.

Alat-alat berat yang digunakan untuk perkebunan dan pertanian ini digunakan baik saat memanen maupun pada saat mempersiapkan lahan pertanian. Berikut ini beberapa jenis alat berat yang digunakan pada pertanian dan perkebunan, di antaranya:

Traktor

Traktor merupakan kendaraan yang dibuat untuk memberikan traksi yang tinggi atau torsi pada kecepatan yang lambat. Traktor sering digunakan sebagai alat pengangkut dalam pertanian atau dalam kontruksi. Traktor pada awalnya memang merupakan alat pertanian yang digunakan untuk membantu perkejaan pada pertanian terutama untuk pengolahan tanah. Namun saat ini fungsinya mulai meluas, beberapa alat pertanian bisa ditempel atau ditarik di belakangnya.

Combine

Combine atau combine harvester merupakan alat yang digunakan untuk memanen biji-bijian. Alat ini diberi nama combine, atau dalam bahasa Indonesia berarti kombinasi, karena mengkombinasikan tiga manfaat dalam pertanian menjadi satu, yakni menuai, merontokan, dan menampi (memisahkan biji). Jenis-jenis tanaman yang bisa dipanen dengan alat ini misalnya saja gandum, barley,  jagung, dan kedelai.

Sprayer

Pada bidang pertanian, sprayer digunakan untuk menyiram air atau cairan penyubur, atau pastisida dan herbisida ke bibit-bibit tanaman. Panjang unit penyiram pada sprayer ini beragam mulai dari 18 hingga 37 meter.

Baler

Baler merupakan alat pertanian yang digunakan untuk memadatkan batang tanaman yang sudah dipotong, seperti jerami, batang gandum, dan sejenisnya, untuk menjadi gelondongan yang mudah untuk dipindahkan dan disimpan. Hasil gelondongan yang dihasilkan ini bisa memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda tergantung dari jenis baler yang digunakan.

Disc Harrow (Piringan penggaruk)

Penggunaan disc harrow ini adalah dengan memasangnya di bagian belakang traktor dan kemudian ditarik. Disc harrow ini digunakan untuk membajak tanah yang akan digunakan untuk menanam bibit. Disc harrow terdiri dari banyak piringan besi yang disusun dalam dua atau empat bagian. Bila dilihat dari atas, bentuknya akan menjadi seperti huruf “X”.

Untuk lebih murahnya, Anda bisa membeli alat berat bekas yang masih bagus. Bahkan kadang kala, 1 alat berat merupakan patungan dari beberapa petani. Agar alat berat yang Anda beli awet, pastikan Anda tahu cara merawat mesin diesel alat berat. Mesin alat berat yang terawat baik tentu akan bisa berfungsi secara maksimal untuk waktu yang lama.(raw)

1 comment for “Mengenal Alat Berat Pada Pertanian

  1. Mei 12, 2015 at 10:18 am

    dengan adanya alat berat pertanian seperti traktor, combine dll sangat bermanfaat bagi petani untuk menyingkat waktu serta memangkas biaya. Namun juga berdampak buruk bagi para buruh karena tenaga mereka jadi tidak dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *