Mengatasi Kecanduan Media Sosial Saat Jam Kerja

ketagihan social mediaTanpa disadari, kecanduan media sosial dapat menurunkan produktivitas kerja. Tak jarang, saat jam kerja kita malah bolak balik cek media sosial menggunakan internet kantor. Hal ini tentu akan membuat kita terdistraksi dan kurang produktif. Memang, sesekali mengecek media sosial untuk hiburan dan me-refresh pikiran saat bekerja tidak apa-apa. Namun, jika sudah dalam intensitas yang berlebihan, tentunya perlu diatasi. Nah, bagaimana cara mencegah dan mengatasi kecanduan media sosial saat bekerja? Simak tips berikut ini!

Log out dari media sosial

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah sign out dari media sosial dan jangan menyimpan info log in. Dengan begitu, kita tidak dapat masuk ke akun media sosial dengan hanya satu klik saja. Kita perlu memasukkan data username dan password setiap kali ingin mengakses media sosial. Kalau perlu, buatlah password yang agak panjang dan rumit agar kita jadi malas untuk membuka media sosial saat bekerja.

Manajemen waktu

Agar tidak termakan oleh keinginan membuka media sosial terus-menerus, kita perlu melakukan manajemen waktu yang baik. Untuk bisa me-manage waktu dengan baik, kita membutuhkan kesadaran diri yang kuat. Mungkin kita bisa memotivasi diri sendiri agar bisa lebih disiplin waktu. Atau jika masih kesulitan untuk mengatur waktu, kita bisa men-download aplikasi pembatas waktu di device yang kita gunakan. Aplikasi ini akan membatasi waktu saat kita membuka media sosial dan bisa juga digunakan untuk memblokir situs-situs yang dapat mendistraksi kita saat bekerja.

Unfollow beberapa akun

Mungkin saja salah satu alasan mengapa kita kecanduan media sosial adalah kontennya yang menarik. Saat membuka media sosial, kita akan disuguhkan beberapa video, gambar, atau artikel menarik yang dapat membuat kita lupa waktu. Oleh karena itu, ada baiknya justru kita unfollow beberapa akun yang menyediakan konten menarik tersebut agar tidak menghabiskan waktu di media sosial.

Uninstall aplikasi

Jika cara-cara di atas tidak ampuh juga, maka kita bisa menghapus aplikasi di device sementara. Kalau pun kita masih tergoda untuk membukanya lewat browser, maka kita bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk memblokir beberapa situs yang dapat mengalihkan fokus saat bekerja.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *