Mengatasi Efek Negatif Air Conditioner

Air Conditioner atau biasanya lebih dikenal dengan singkatan kata AC. AC merupakan alat pendingin ruangan. Sekarang kebanyakan kantor – kantor menggunakan AC agar ruangan dingin sehingga para karyawan nyaman.

Masalah dari penggunaannya AC yang terus menerus setiap hari memberikan efek negatif pada kesehatan dan kecantikan baik bagi wanita maupun pria. Tentu saja kantor tidak ada maksud merusak kesehatan dan kecantikan kita, mereka hanya ingin menyediahkan suasana yang enak bagi kita terutama karena kita tinggal di negara yang bercuaca tropis.

Akibat Negatif Ruang BerAC

Nah gimana cara menghindari dampak negatif dari air conditioner ? sebelumnya kita bahas terlebih dahulu dampak negatifnya:

hidup sehat menggunakan air conditionerMasalah pertama  yang pasti dihadapi adalah kulit kering. Ruangan dengan AC menyala memang dingin namun dia memiliki dampak yang sama dengan padang pasir. Saat AC nyala, dia akan menarik kelembaban dari ruangan. Nah, kelembaban yang dikulit pun ikut tertarik sehingga lama kelamaan kulit akan menjadi kering.

Kekeringan pada kulit semakin diperparah ketika kita keluar dari ruang ber AC dan pergi keluar dimana suhu diluar sangat panas dan terik. Perubahan suhu yang tiba-tiba membuat tubuh stress. Lalu ditambah dengan polusi dan tingginya konsumsi gula, semakin rusaklah kulit.

Masalah kedua adalah membuat tubuh mudah terserang flu.  Suhu dingin dari AC dapat mengeringkan membran mukosa yang terdapat pada mulut dan tenggorokan sehingga membuat diri kita muda terserang virus penyakit. AC semakin menjadi pemicu penyakit ketika dia jarang dibersihkan. Kotoran-kotoran yang melekat pada AC dapat menyebabakan reaksi alergi seperti bersin dan pilek.

Menurut dr Phaidon L. Toruan  ruang ber AC memang dapat meningkatka resiko terserang penyak pilek karena ruang ber AC yang dingin dapat membuat sirkulasi darah melambat sehingga mengakibatkan sel darah putih melambat dalam bertindak menangkal virus-virus yang masuk kedalam tubuh. Hal ini akan semakin buruk bila ternyata gaya kehidupan kita tidak baik. Gaya kehidupan yang tidak baik adalah tidur larut malam dan makanan yang tidak sehat.

Mengatasi Masalah Negatif Dari Air Conditioner

  • Rajin gunakan body lotion atau body butter pada tangan, kaki, leher dan bagian penting lainnya. Body lotion dan body butter memberikan dan menjaga kelembaban pada kulit.
  • Untuk wajah gunakan krim pelembab khusus wajah. Hati-hati karena krim pelembab badan belum tentu cocok dengan wajah karena kulit wajah biasanya lebih sensitif.
  • Jaga kerbersihan AC. Buatlah jadwal pembersihan Air Conditioner dengan minimal lima bulan sekali dibersihkan.
  • Gunakan masker ketika daerah sekeliling mulai terserang virus flu untuk meminimalis masuknya virus ke tubuh. Bila kita yang terserang flu, ada baiknya kita juga menggunakan masker agar tidak menurali orang lain.
  • Perbaiki gaya hidup seperti tidur tepat waktu agar tubuh punya waktu untuk beristirahat dan menyembuhkan diri sendiri. Waktu yang tepat adalah tidur tidak lebih dari jam 11 malam dan bangun setidaknya jam 7 paling siang.
  • Konsumsi makanan –makanan yang sehat seperti perbanyak makanan berserat dan bernutrisi.
  • Perbanyak konsumsi air putih ketika berada di kantor.

Sumber utama artikel kesehatan ini adalah Detik. –hm-

2 comments for “Mengatasi Efek Negatif Air Conditioner

  1. November 10, 2013 at 12:12 pm

    makasih infonya,,
    nah ada yang bilang kalau di ruangan ber AC itu harus banyak minum, itu tujuannya untuk apa ya?

    • Heni
      November 12, 2013 at 3:45 pm

      itu untuk mengcegah dehidarasi gan :D
      terima kasih sudah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *