Mengapa Tubuh Terasa Lemas Setelah Sakit?

badan lesuTubuh yang terasa lemas akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi multivitamin untuk stamina sering dilakukan untuk mengatasi masalah tubuh yang lemas. Namun, hal ini tentu tidak terlalu efektif jika lemas tersebut muncul akibat Anda sedang menderita penyakit tertentu. Sebab, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengobati penyakit tersebut.

Akan tetapi, bukan berarti setelah penyakit Anda sembuh lalu rasa lemas ini akan langsung hilang. Pada kenyataannya, tubuh membutuhkan waktu untuk dapat kembali bertenaga dan selama masa pemulihan ini, rasa lemas tersebut akan tetap ada. Mengapa demikian?

Menurut situs klikdokter, sistem kekebalan tubuh yang telah berjuang melawan bakteri, infeksi, atau virus penyebab penyakit, membutuhkan waktu untuk pemulihan agar dapat kembali melindungi tubuh Anda. Hal inilah yang menyebabkan tubuh terasa lemas pasca pemulihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi multivitamin ataupun melakukan beberapa hal berikut seperti yang disarankan oleh situs klikdokter, yaitu:

Tingkatkan asupan makanan bergizi

Meningkatkan asupan makanan yang bergizi akan membantu sistem imun tubuh pulih lebih cepat. Anda bisa meningkatkan konsumsi sayur dan buah, serta kurangi konsumsi gula atau makanan olahan. Selain itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna agar tubuh dapat segera memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas cairan. Ketika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka keebugaran tubuh akan dapat segera kembali. Untuk mengatasinya, Anda bisa meningkatkan konsumsi air putih yang merupakan sumber cairan terbaik untuk mengaktifkan keembali sistem imun yang semopat melemah.

Kontrol aktivitas selama masa pemulihan

Banyak orang yang merasa lelah karena terus berbaring saat sakit, sehingga langsung beraktifitas secara penuh saat masa pemulihan. Padahal, pada saat itu tubuh masih membutuhkan waktu untuk beristirahat dan akan sangat berisiko terserang penyakit kembali jika Anda memaksakan diri beraktivitas penuh. Sebab, sistem imun tubuh belum benar-benar pulih kembali dan siap melindungi tubuh.

Cukupi kebutuhan istirahat (tidur)

Pada masa pemulihan, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam per harinya. Sebab, pada saat tidurlah pemulihan energi paling mudah terjadi. Selain itu, pada saat itu pula perbaikan jaringan dan sel tubuh bekerja paling maksimal.

Hindari stres

Tenangkan pikiran Anda dan hindari stres akan menjadi cara yang sangat efektif untuk mengembalikan stamina Anda. Sebab, banyak orang yang justru jatuh sakit akibat dari pikiran yang tidak tenang.

Selain ke-5 cara di atas, Anda juga bisa mencoba untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Cara yang sederhana, tetapi ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Meskipun begitu, bukan berarti tidak patut untuk dicoba, kan? (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *