Mengapa Menggunakan Asuransi Unit Link?

Asuransi unit linkasuransi unit link merupakan asuransi jangka panjang yang menggabungkan antara produk asuransi dengan investasi. Dengan kata lain, produk ini tidak hanya melindungi namun juga memberikan keuntungan secara finansial. Ini karena premi yang dibayarkan oleh peserta asuransi sebagiannya akan ditaruh pada investasi yang biasanya berupa reksa dana dalam bentuk link.

Asuransi unit link sudah terbukti memberikan keuntungan yang lebih bagi para pesertanya, maka tidak heran makin banyak orang yang mulai menggunakan produk asuransi ini. Anda pun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan memiliki asuransi ini. Berikut ini beberapa alasan bagi Anda untuk mulai memiliki asuransi yang juga merupakan investasi ini, di antaranya:

Keuntungan ekstra

Seperti diketahui, asuransi unit link tidak hanya memberikan keuntungan proteksi jiwa, namun juga keuntungan dari investasi yang dijalankan selama masa asuransi berjalan. Investasi ini memungkinkan pengguna asuransi mendapatkan return atau keuntungan yang lebih besar dibandingakn dengan asuransi biasa.

Fleksibilitas pilihan investasi

Investasi yang biasanya dijalankan adalah berupa reksa dana unit link, di mana peserta asuransi dibebaskan untuk memilih jenis reksa dana yang ingin digunakan. Baik berupa reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, pasar uang, ataupun reksa dana campuran.

Lock-in period yang lebih panjang

Karena merupakan asuransi jangka panjang, maka lock-in period untuk investasinya pun biasanya lebih lama dan cocok untuk mereka yan mencari investasi sekaligus masa perlindungan yang lebih lama.

Memenuhi kebutuhan di masa mendatang

Misalnya saja pendidikan anak yang jumlahnya selalu meningkat setipa tahunnya seiring dengan meningkatnya inflasi. Kebutuhan pendidikan anak yang dibutuhkan beberapa tahun ini pastinya akan jauh lebih besar dibandingkan yang dibutuhkan saat ini. Sebagai gambaran, saat ini saja untuk masuk ke sekolah taman kanak-kanak dibutuhkan biaya Rp5 juta hingga Rp10 juta. Sungguh berbeda jauh dengan biaya sekolah 5 tahun lalu misalnya. Unit link bisa memberikan Anda kepastian untuk pemenuhan kebutuhan ini sekaligus melindungi Anda dan keluarga. Apalagi, untuk pencarian dana investasinya pun bisa disesuaikan sehingga bisa diambil tepat pada saat Anda membutuhkan.

Melindungi kebutuhan hari tua Anda

Memiliki dana yang aman untuk kebutuhan hari tua merupakan salah satu hal yang penting. Karena pasar saham biasanya memiliki performa yang lebih baik seiring berjalannya waktu, maka unit link menjadi pilihan yang tepat sebagai dana aman Anda di masa pensiun. Saat Anda memiliki unit link di usia muda, di mana masih jauh dari masa pensiun, Anda bisa memilih porsi investasi saham yang lebih banyak. Mendekati masa pensiun, Anda bisa mengubahnya ke investasi yang lebih konservatif. Memasuki masa pensiun, Anda bisa memilih untuk segera mencairkan dananya atau tetap melanjutkannya sesuai keinginan Anda.

Berhubungan dengan manfaat dan nilai investasi dari produk asuransi unit link, kini produk asuransi ini dipisahkan menjadi beberapa kategori asuransi unit link yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik asuransi.  Mau tahu apa saja kategori asuransi unit link yang ada dan bisa dipilih ? Yuk, kita simak penjelasan tentang kategori-kategori asuransi unit link yang sudah banyak ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi di Indonesia. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *