Mendesain Dapur Minimalis

Dapur minimalis merupakan tipe dapur yang  populer saat ini. Minimalis tidak berarti kecil, sempit dan sumpek. Boleh dibilang Minimalis identik dengan kata sederhana. Biarpun identik bukan berarti semuanya sama karena Minimalis memang sederhana tapi desain minimalis selalu dibuat se-elegan mungkin. Minimalis bisa diartikan membuat sesuatu menjadi sederhana namun lebih praktis, efisien dan efektif. Gaya minimalis sering diterapkan pada desain bagunan dan interior agar penggunaan setiap ruangan lebih efektif, efisien dan praktis. Salah satu ruangan di rumah / apartemen yang paling banyak dibuat menjadi minimalis adalah dapur.

Tips Mendesain Dapur Minimalis

Dalam mendesain dapur minimalis ada beberapa tips di bawah ini yang mungkin berguna dan bisa diterapkan:

  • dapur minimalisCek beberapa desain dapur tipe minimalis baik secara online atau offline untuk mendapatkan inspirasi.
  • Buatlah cabinet / lemari dapur pada bagian bawah dan atas. Cabinet / lemari bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan, peralatan masak dan kebutuhan dapur lainnya. Dengan menyimpan barang – barang dengan rapi di lemari, tentu dapur akan terlihat lebih bersih.
  • Gunakan warna cerah agar ruangan dapur terlihat luas. Perpaduan warna yang banyak digunakan untuk dapur tipe minimalis untuk saat ini adalah putih dan cokelat, putih dan hitam, hijau dan putih, keramik marble dan warna kayu dan kombinasi warna lainnya. Yang pastinya setiap kombinasi warna selalu ada warna putih untuk memberikan kesan bersih.
  • Berikan penerangan dan cahaya yang banyak pada pagi hingga sore. Kalau bisa perbanyak jendela dimana sinar matahari bisa langsung memberikan cahaya ke dapur. Dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk, kita tidak perlu terlalu sering menyalakan lampu alias hemat energi. Dengan cahaya yang banyak, dapur terlihat luas dan rapi. Jika tidak ada jendela, saatnya fokus meningkatkan pencahayaan ruangan dengan lampu.
  • Untuk malam, pastikan cahaya dari lampu memberikan penerangan yang tepat. Jangan menggunakan lampu berwarna lain seperti kuning. Hanya gunakan lampu putih agar ruangan terlihat lebih jelas dan terkesan luas dan bersih. Jangan sampai ada sudut yang tidak dicahayai lampu.
  • Sebisa mungkin jangan biarkan terlalu banyak barang yang bergantungan didinding. Lebih baik, peralatan dapur itu disimpan ada aja di lemari / cabinet.

Bangun kreativitasmu untuk menciptakan dapur minimalis impian –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *