Mencuci Sepeda MTB Hingga Bersih

Setelah melewati medan yang berat, pada umumnya sepeda MTB akan  diselimuti dengan lumpur dan tanah. Bila tidak dibersihkan, selain membuat tampilan sepeda Anda tidak cantik, lumpur dan tanah yang mengeras akan menurunkan perfoma sepeda MTB Anda.  Dan tidak sembarangan cara bisa digunakan utnuk membersihkan sepeda MTB.

Cara Mencuci Sepeda MTB

Berikut ini tahap-tahap pencucian sepeda MTB

  • cuci sepedaProses mencuci sepeda membutuhkan waktu. Setidaknya Anda harus menyediahkan waktu 1 jam  dalam melakukan proses pencucian ini. Luangkan waktu yang cukup agar Anda bisa menyelesaikan seluruh proses pencucian.
  • Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti selang, spon, sikat khusus sepeda, sikat gigi dan kain kanebo.
  • Lepaskan aksesoris seperti pedal, bel, lampu, spidometer dan kabel V brakes.
  • Untuk memudahkan pencucian, balik sepeda MTB. Gimana cara membalik sepeda MTB? Pegang bagian sespensi depan (down tube) dengan 1 tangan dan 1 tangan lainnya memengan dudukan (seat pos). Lalu putar secara perlahan hingga sepeda terbalik.
  • Jika tidak ingin menggunakan cara membalik sepeda MTB, Anda bisa coba menggunakan standar  sepeda atau peralatan menggantung sepeda lainnya . Sekarang sudah banyak toko sepeda yang menjual standar sepeda. Dengan adanya standar sepeda, Anda hanya perlu  memasukan pentulan quick realese ke dudukan standar segitiga.
  • Gunakan selang dan semport sepeda dengan air. Pastikan Anda tidak melewatkan bagian-bagian sepeda yang diselimuti lumpur dan tanah.  Denga menyemportkan air melalui selang, Anda membiarkan kotoran lepas secara alami sehingga memudahkan pembersihan. Jika kotorannya sudah disemprot namun tidak lepas, gunakan sikat khusus sepeda atau spon.
  • Pilih sabun khusus motor atau mobil kemudian gosok setiap bagian sepeda seperti roda dan badan. Jangan menggunakan deterjen. Jika tidak ada sabun khusus motor atau mobil, bersihkan dengan air saja.  Dan untuk membersihkan bagian sudut, gigi, roda dan brake pad; Anda bisa menggunakan sikat gigi.
  • Setelah semua bagian dibersikan, semprot sepeda dengan air.
  • Keringkan sepeda dengan kain kanebo terutama pada sela-sela sepeda dan rantai untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal.
  • Pasang kembali aksesoris yang Anda lepaskan sembali memeriksa fungsi setiap bagian sepeda untuk memastikan sepda MTB Anda masih berfungsi dengan baik.
  • Gunakan pelumas pada bagian-bagian penting seperti rantai, sistem pengerak roda, pedal dan lainnya.

Setelah semua proses di atas dilalui, sepeda MTB Anda siap memulai pertualangan baru bersama Anda. Dan cara membersihkan sepeda MTB ini bisa diterapkan pada 5 tipe Sepeda MTB yang beredar dipasaran.

Sumber: berbagai artikel online

-hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *