Memilih Rice Cooker

Salah satu peralatan masak yang penting adalah rice cooker. Rice cooker adalah alat yang serba guna. Selain untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak sayur, mengoreng, membuat kue dan steaming makanan rebus.

Memilih Peralatan Masak Rice Cooker

Berikut ini beberapa tips memilih rice cooker:

Kapasitas Rice Cooker

Besar kecilnya rice cooker menunjukan kapasitasnya. Pada umumnya rice cooker memiliki kapasitas memasak nasi untuk 0.6 liter, 1 liter, 1.8 liter dan 2 liter. Pilih rice cooker sesuai dengan jumlah orang dirumah. Seandainya dirumah hanya 2 orang, rice cooker dengan kapasitas 0,6 – 1liter sudah cukup. Rice cooker kecil memang lebih murah dan hemat.

Fitur Rice Cooker

Rice cooker pada dasarnya memang menawarkan fitur yang hampir sama. Tapi harus dipastikan rice cooker dengan fitur apa yang kita perlukan. Pada umunya rice cooker sekarang sudah memiliki 2 jenis pilihan fitur yaitu

  • peralatan masak rice cookerOn/Off cooker dimana tombol rice cooker hanya menawarkan pilihan menyalahkan  atau mematikan rice cooker. Tipe rice cooker ini tidak bisa menghangatkan nasi atau sayur karena tidak ada pilihan “keep warm”.  Setelah nasi masak, rice cooker ini akan secara otomatis mematikan dirinya sendiri.
  • Cook /Keep Warm merupakan fitur rice cooker yang paling banyak ditemukan saat ini. Pada saat nasi sudah masak, secara otomatis tombol cook akan berubah menjadi “keep warm” untuk menjaga agar nasi tetap hangat walaupun setelah 1 jam berlalu. Agar rice cooker ini mati, caranya hanyalah mencabut colokannya dari sumber listrik.
  • Smart Cook merupakan rice cooker pintar yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti masak nasi (cook), menghangatkan makanan (warm), memasak kue, memasak bubur dan fitur lainnya.

Perlengkapan Rice Cooker

Setiap rice cooker memiliki perlengkapan yang berbeda-beda. Pada umumnya sebuah rice cooker sudah dilengkapi dengan panci untuk memasak nasi, tutup, gelas ukur (untuk menakar air / beras), tempat steaming dan cedokan nasi plastik. Hal penting yang harus dilihat adalah pancinya. Biasanya panci rice cooker terbagi menjadi panci biasa(tidak ada anti lengket), panci anti lengket dan panci marble. Jenis panci yang disarankan adalah panci marble karena tidak mudah tergores dan lebih awet walaupun tidak anti lengket.

Harga Peralatan Masak Rice Cooker

hargaHarga rice cooker selain melihat merek, ditetapkan berdasarkan kapasitas dan jenis panci yang digunakan. Kapasitas makin besar dan panci untuk masaknya terbuat dari marble tidak aneh bila harga rice cooker bisa sampai Rp 500.000. Untuk rice cooker kapasitas kecil, dengan harga Rp 250.000, kita sudah bisa membelinya. Perhatikan budget dalam membeli sebuah peralatan masak rice cooker.

Testimonial Pelanggan

Testimonial pelanggan baik dari orang tua, saudara dan teman bisa menjadi catatan tambahan. Dengan adanya testi, kita tahu merek – merek apa saja yang memang lebih awet dan mudah dibersihkan. Dan tidak ada salahnya mencari testimonial dari tempat lain misalnya komentar di dunia internet dan lainnya. Perhatikan dengan baik setiap testimonial karena setiap produk pasti ada kelemahan dan kekuatannya.

Semoga artikel memilih peralatan masak rice cooker ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *