Memilih Oli Motor Matic

oli motor maticMotor matic berbeda dengan motor bebek. Perbedaan yang paling mencolok adalah mesin jadi tidak heran bila perawatan motor matic dan motor bebek berbeda. Tentu saja berbicara tentang perawatan, tidak lepas dari minyak pelumas oli motor. Perlu diingat bahwa Anda menggunakan motor matic jadi gunakan oli motor matic.

Oli motor matic merupakan oli khusus yang dibuat untuk mesin motor matic. Jadi ingin motor matic Anda awet? Gunakan oli khusus. Masalahnya sekarang gimana memilih oli motor matic untuk motor Anda?

Tips Memilih Oli Motor Matic

Sudah Lulus Uji

Pilih oli motor matic yang memang bersetifikasi karena oli tersebut sudah teruji dan aman digunakan. Pada umumnya oli yang beredar di Indonesia, terbagi menjadi 2 yaitu

  • Setifikasi API (American Petroleum Institute)
  • Sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standar Association)

Baik API maupun JASO bagus. Kalau tidak ada tanda stadar API atau JASO pada oli yang Anda gunakan, sebaiknya segera diganti.

Pilih Sesuai dengan Mesin

Untuk standar JASO, pilih JASO MB karena JASO MB merupakan oli khusus sepeda motor matic. Ingat mesin motor matic berbeda dengan motor bebek. Selain mengecek apakah ada standar JASO MD –nya, Anda bisa mencoba menggunakan oli motor matic yang sesuai dengan merek motor Anda. Beberapa merek motor matic sudah mengeluarkan sendiri merek oli motor matic. Contoh:

  • Suzuki Genuine Oil merupakan keluaran perusahaan outomotif Suzuki.
  • Yamalube Matic merupakan oli motor matic keluaran perusahaan Yamaha yang cocok digunakan untuk motor Mio, Lexam dan jenis motor matic Yamaha lainnya.
  • AHM Oli merupakan minyak pelumas khusus motor matic yang dikeluarkan oleh Honda untuk Honda Variio, BeAt, Scoopy dan matic Honda yang lain.

Ke-3 merek oli motor khusus matic ini sudah dijual di Indonesia. Jadi bila Anda menggunakan motor matic merk Suzuki, Yamaha atau Honda, Anda bisa memilih yang oli rekomendasian ini . Dan pastinya setiap Anda memilih motor matic dari 3 merk ini, Anda akan langsung direkomendasikan baik oleh penjual ataupun pada buku panduannya karena ke-3 oli motor matic ini adalah oli rekomendasian pabrik yang dibuat menyesuaikan kebutuhan mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *