Memilih Modern Residence Jakarta yang Tepat

Mencari modern residence Jakarta semakin mudah dikarenakan semakin banyak rumah dan apartemen yang berdiri di Jakarta saat ini. Modern residence seperti kondominium ataupun apartemen dibangun menjulang ke atas karena adanya kebutuhan pasar yang tinggi, populasi kota Jakarta yang berkembang sangat pesat dan lahan yang tersediah sangatlah sedikit. Jadi tidak heran banyak apartemen – apartemen modern memiliki lantai paling sedikit 20.

Sekarang sudah semakin banyak apartemen Jakarta yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 300 juta. Tentu saja tidak tertutup kemungkinan, harga sebuah apartemen bisa mencapai Rp 1 miliar. Harga ditentukan lokasi, luar apartemen serta fitur-fitur tambahan yang ditawarkan. Masih bingung mau pilih rumah atau apartment untuk investasi serta ditinggalin?

Tips Memiliki Modern Residence Jakarta

Budget atau Penghasilan Perbulan

modern residence JakartaDari beberapa artikel informasi bahwa faktor uang itu penting dalam menentukan residence yang akan dibeli. Harga rumah dan apartemen di ibu kota Indonesia, Jakarta ini sudah semakin tinggi. Walaupun harga apartemen lebih murah daripada rumah. Untuk membeli sebuah rumah, Anda setidaknya bisa membayar uang tunai sebesar 30% dari harga rumah atau apartemen. Sisanya, Anda harus mencicil hingga lunas.

Untuk rumah, agar cicilan tidak macet, setidaknya Anda memiliki pemasukan Rp 10 juta perbulan. Sedangkan untuk apartemen, pemasukan minimal Rp 8 juta sudah bisa mulai cicil. Tentu saja, Anda perlu mengumpulkan uang untuk modal sebelum mulai mencicil tempat tinggal yang Anda inginkan. Jadi cek dulu budget untuk uang muka dan penghasilan perbulan Anda untuk memutuskan jenis tempat tinggal apa yang memang bisa dibeli.

Pilih Hak Miliki atau Hak Guna Bagunan

Untuk rumah biasanya berarti hak milik tanah karena pas membeli rumah, Anda tidak hanya membeli bagunan saja tetapi juga tanahnya sehingga Anda langsung memiliki hak milik tanah. Hak milik tanah berarti selamanya jadi apapun yang terjadi dengan bagunannya (hancur atau kebakar), Anda akan tetap memiliki tanah tersebut dan Anda bisa membangun rumah lagi di atasnya.

Untuk apartemen, ada 2 jenis hak milik yaitu hak miliki apartemen atau hak guna bagunan. Perlu diketahui bahwa hak guna bagunan hanya bersifat sementara (biasanya hanya beberapa puluh tahun). Untuk hak miliki apartemen, terbagi lagi menjadi 3 yaitu

  • Hak miliki pribadi hanya untuk unit apartemen yang berarti kepemilikan 100% hanyalah apartemen yang Anda beli.
  • Hak / barang milik bersama untuk bagian – bagian apartemen yang digunakan bersama –sama dengan penghuni apartemen lainnya seperti lift, tempat parkir, tangga dan lainnya.
  • Tanah milik bersama berarti tanah dimana apartemen tersebut didirikan. Perpanjangan umur tanah bisa dilakukan sama-sama oleh penghuni atau pengelola apartemen. Bila hak tanahnya bukan milik bersama maka Anda bisa saja tidak bisa tinggal lagi di apartemen Anda setelah apartemen roboh atau kebakar karena Anda bukan pemilik tanah.

Disarankan untuk memiliki tempat tinggal dengan hak milik karena bersifat lebih lama periodenya daripada hanya hak guna bagunan.

Lokasi Strategis

Carilah tempat tinggal yang strategis. Kata strategis tidak berarti tempat tinggal Anda harus di tengah – tengah kota. Strategis disini adalah dekat dengan pasar / supermarket / mal, pom bensin, rumah sakit dan sekolah yang bisa dibilang dekat dengan kebutuhan sehari – hari Anda serta keluarga.

Nah, sudah tahu mau pilih modern residence Jakarta yang mana? Sampai ketemu di artikel informasi lainnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *