Memilih Developer Property Indonesia Terbaik

Ketika kita ingin membeli sebuah rumah atau apartemen di Indonesia yang belum jadi, yang bisa kita lihat adalah gambar desain dan reputasi sebuah developer property Indonesia. Banyak orang sudah tertipu dengan manisnya bujukan brosur dan marketing sehingga tanpa pikir panjang, kita langsung membeli. Padahal kita tidak tahu apakah developer property Indonesia tersebut bisa memenuhi janjinya untuk menyelesaikan perumahan atau apartemen yang dibangun.

Di Indonesia sendiri, sudah semakin banyak developer property. Ini berarti kita ditawarkan rumah atau apartemen yang lebih beragam karena setiap developer memiliki desain dan menggunakan bahan baku bagunan yang berbeda-beda. Denga semakin banyaknya developer property Indonesia, kita harus semakin cerdik dalam memilih.

Tips Memilih Developer Property Indonesia

Berikut ini beberapa tips untuk memilih developer property Indonesia:

Rencanan yang Jelas

developer property IndonesiaPastikan developer yang kita miliki memiliki perencanaan yang jelas, seperti luas bagunan, bahan yang digunakan, desain bagunan, gimana penyerahan atau pembagian surat hak milik. Selain pertanya-pertanyaan ini, Anda bisa mengajukan pertanyaan lainnya untuk memastikan bahwa developer tersebut memang memiliki rencanan yang jelas.

Pada saat mengecek perencanaan mereka, cek juga time framenya. Time frame yang dibuat developer adalah tolak ukur apakah developer tersebut emang bertanggung jawab dan kredibel karena dalam time frame tersebut tertera tanggal jatuh tempo kapan bagunan harus selesai.  Jika 1 bulan sebelum tanggal jatuh tempo, dan pembangunannya belum dimulai; saatnya Anda mulai bertanya-tanya.

Stabilitas Keuangan Perusahaan Developer

Cek kesehatan keuangan developer. Banyak developer property Indonesia yang menunda pembangunan dikarenakan kekurangan dana. Jadi sangat penting bagi kita untuk memeriksa status kesehatan keuangan developer tersebut. Gimana caranya? Developer yang baik akan melampirkan status keuangan perusahaan dalam laporan bisnis.

Jika seadainya tidak disertakan dalam laporan bisnis, jangan panik karena masih ada cara lain yaitu minta bantuan teman yang bekerja sebagai pialang saham atau bank. Kenapa harus mereka? karena mereka yang biasanya lebih cepat menerima informasi seberapa baik kondisi sebuah perusahaan apalagi perusahaan tersebut meminjam uang dari Bank.

Pengalaman Developer Property Indonesia yang Dipilih

Sangat disarankan mencari tahu apakah perusahan developer tersebut sudah pernah melakukan proyek yang serupa atau apa saja proyek yang pernah dilakukan. Teliti masing-masing proyek dengan memeriksa sumber-sumber independen (surat kabar, majalah, artikel online, forum) dan review dari orang lain apakah proyek tersebut berhasil atau tidak; apakah ada masalah atau tidak. Dan pastikan ulasan-ulasan tersebut bukan sengaja dibuat untuk pemasaran namun memang testimonial orang. Dari sini Anda bisa mengecek apakah developer tersebut dapat dipercaya atau tidak

Jika ternyata bagunan yang Anda ingin beli dibangun oleh perusahan yang saling bekerja sama, ada baiknya mengecek tidak hanya 1 perusahaan pemengang tetapi juga semua perusahaan yang ikut dalam pengembangan property ini. Jangan sembarangan memilih developer. Miliki developer peroperty Indonesai yang bisa dipercaya, sampai jumpa di artikel informasi property lainnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *