Membuat Apartment Sehat

apartemen bersih

source: homedit

Memiliki apartment Mega Kuningan yang dekat dengan lokasi kantor, tentu sangat menyenangkan. Anda bisa balik ke apartment buat tidur atau makan siang. Tapi jika apartment kotor, berdebu dan lembab tentu mau sedekat apapun apartment dengan rumah, Anda pasti memilih untuk tidak balik. Walaupun ukuran apartment yang kecil ternyata tidak menjamin Anda bebas tugas dalam menjaga kebersihan apartment.

Gimana caranya membuat apartment yang sehat dan nyaman untuk ditinggalin?

Ventilasi Udara Itu Perlu

Pastikan apartment Anda memiliki ventilasi untuk jalur keluar masuk udara. Daerah apartment yang pasti perlu ventilasi adalah dapur, ruang tamu dan kamar mandi. Hal ini diperlukan untuk memastikan udara pada ke-3 lokasi ini tidak lembab dan nyaman. Hal ini juga berlaku bagi rumah. Cuma sayangnya kebanyakan orang yang memiliki rumah tidak mau membuatnya dikarenakan takut diintip. Padahal banyak cara / siasat agar orang lain tidak mengintip seperti memasang batu bata secara miring.

Jika ventilasi dilindungi dengan kawat  penyaring, itu memang bagus namun pastikan Anda bisa membersihkannya secara berkala agar debu tidak menumpuk. Jika kawat penyaring sudah terlihat rusuh dan kotor dimana sudah susah banget dibersihkan, lebih baik ganti kawat penyaringnya dengan yang baru.

Tempat Tidur Nyaman dan Bersih

Untuk memastikan tempat tidur bebas dari kuman ataupun bakteri, disarankan untuk mengganti bedcover dan seprai setiap minggu. Sebelum dicuci, rendam bedcover dan seprai dengan air panas bersuhu 54 derajat Celsius. Agar lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan seprai anti tungau dan debu.

Tanaman di Beranda

Tanaman tidak hanya berfungsi untuk mempercantik rumah namun ternyata dia bisa menjadi penyaring debu. Disarankan meletakannya di beranda atau di depan rumah / apartment. Untuk pemilihan tanamannya, disarankan memilih tanaman dengan daun hijau yang banyak / lebat.

Sering Ganti Golden dan Alas Meja

Jika Anda menggunakan kain untuk golden, alas meja dan alas lainnya, pastikan Anda mengganti serta mencucinya secara rutin. Hal ini untuk menghindari penumpukan debu yang terlalu lama. Dan untuk golden, disarankan menggunakan kain tipis sintetis yang ringan sehingga mudah dicuci secara berkala.

Jangan Lupa Nyapu

Nyapu atau bersih-bersih itu penting jadi lakukanlah secara rutin. Jika mengunakan penyedot debu, pastikan Anda secara rutin membersihkan kantong di dalamnya agar tidak penuh dan penyedot debu bisa bekerja dengan maksimal.

Apartment bersih dan tidak lembab tentu akan membuat Anda selaku penghuninya nyaman. –hm-

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *