Membuat Anak Senang Belajar Bahasa Inggris

Umur anak-anak adalah umur yang sangat aktif. Keinginan orang tua yang ingin anaknya rajin belajar tentu sangat bertentangan dengan keinginan anak yang memiliki hati yang penuh petualangan. Demi masa depan, banyak orang tua yang mulai meleskan anaknya baik untuk belajar bahasa inggris dasar ataupun mata pelajaran lainnya. Apalagi, selain untuk masa depan, belajar bahasa asing ternyata bermanfaat bagi otak, lho. Namun, masalahnya adalah anak yang aktif akan cepat merasa bosan. Sebagai orang tua maupun guru les, kita harus kreatif menciptakan suasana yang membuat anak senang untuk mengikuti pelajaran.

Sebagai contohnya, kita ambil cara kreatif yang digunakan untuk membuat anak-anak senang belajar bahasa inggris:

Buat Rutinitas agar Tidak Kaget

  • Anak-anak memang menyukai surprise, namun tidak untuk hal-hal yang memaksa mereka belajar.  Buat rutinitas seperti setelah makan siang akan ada waktu 15 menit untuk belajar bahasa inggris. Jangan membuat waktu belajar terlalu lama karena akan membuat anak cepat bosan, cukuplah 15 menit. Setelah anak beranjak dewasa, kita bisa memperpanjang waktu belajar dengan menambah 5 menit dari waktu sebelumnya.
  • membereskan mainanSelain rutinitas waktu, ada baiknya kita mengulang 1 kegiatan belajar bahasa inggris tertentu setiap harinya. Hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri anak karena mereka sudah terbiasa dengan kegiatan tersebut. Contoh: Kita bisa bermain game tebak kata dalam bahasa  inggris dengan mereka setelah pulang sekolah atau membaca cerita dalam bahasa inggris untuk mereka sebelum tidur kemudian sesi tanya jawab singkat.
  • Gunakan keadaan sehari-hari untuk mengajarkan anak bahasa inggris terutama saat kita sedang melakukan aktivitas bersama anak-anak. Dengan cara ini, kita dapat membuat anak lebih dekat dan nyaman dengan bahasa inggris. Contoh kita bisa bertanya “Where is your Teddy Bear?” atau mengatakan  “Let’s put your car toy here” saat kita sedang membereskan mainan bersama dengan dia.

Gunakan Aktifitas yang Menyenangkan

  • kartun anakAnak-anak sangat suka dengan permainan. Biasanya mereka sangat mudah belajar vocabulary baru dan cara pengucapannya lebih cepat dengan permainan. Kita bisa mencari permainan yang menggunakan bahasa inggris secara online. Sekarang sudah banyak website-website yang menawarkan permainan bahasa inggris yang bisa dimainkan oleh kita bersama dengan anak-anak di rumah.
  • Buku atau kartu dengan warna dan gambar yang menarik sangat disukai oleh anak-anak. Lihat buku/ kartu bersama-sama kemudian kita bisa  menunjuk gambar sambal menceritakan apa yang terjadi di dalam gambar tersebut. Agar proses ini tidak hanya satu arah, kita bisa mencoba bertanya “What’s that?” sambal menunjuk sebuah gambar. Tentu selain pertanyaan “What’s that?”, kita bisa menanyakan pertanyaan lain yang sesuai dengan isi buku cerita.
  • Untuk meningkatkan skill bahasa inggris anak, kita juga bisa menggunakan lagu bahasa inggris khusus untuk anak-anak. Contoh dengan lagu Kids Body Part, kita bisa mengajarkan bahasa inggris mengenai bagian tubuh pada anak-anak. Setelah beberapa hari mendengar dan menyanyikan lagu ini bersama, kita bisa bertanya padanya dimana telinga, mulut atau bagian tubuh lainnya dalam bahasa inggris, Jika dia salah menunjuk bagian tubuhnya, jangan langsung dimarahi namun perbaiki dia dengan sabar. Ingat, anak-anak perlu dingatkan beberapa kali hingga mereka ingat.

Cara membuat anak senang belajar bahasa inggris di atas bisa digunakan juga untuk mata pelajaran seperti matematika atau pelalajaran lainnya. Semangat Bunda, Papa dan Guru! –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *