Membersihkan Sofa di Rumah

Interior rumah dan meja ruang tamu menjadi elemen krusial yang selalu diperhatikan oleh pemilik rumah untuk membuat anggota keluarga dan siapa pun yang berkunjung di sana merasa kerasan. Tidak jarang para pemilik rumah merombak ruang tamunya secara besar-besaran dan membelanjakan sejumlah uang untuk membeli furnitur, semata agar rumah menjadi semakin nyaman ditinggali. Padahal, kenyamanan tidak hadir hanya dengan menata ruang sedemikian rupa dan juga membeli furnitur mewah. Kebersihan pun harus tetap diperhatikan.

Misalnya saja sofa. Sofa merupakan mebel di ruang tamu yang sering terabaikan keberadaannya. Coba deh ingat-ingat, seberapa sering Anda membersihkan sofa? Satu kali setahun atau malah tidak pernah sama sekali? Nah, padahal sofa menjadi tempat yang harus dijaga kebersihannya karena bersentuhan langsung dengan kulit.

Mau tahu bagaimana cara membersihkan sofa di rumah Anda? Ini dia tips-nya:

  • membersihkan sofaAmbil penyedot debu dan bersihkan permukaan sofa dengan perlahan. Usahakan untuk membersihkannya dengan satu arah, misalnya dari kiri ke kanan dan jangan bolak-balik. Aktivitas ini sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama, kok, sehingga Anda bisa melakukannya seminggu tiga kali.
  • Lap dengan cairan pembersih. Tidak jarang, sofa menjadi sasaran noda dari tangan atau kaki si kecil. Entah bekas makanan, spidol, atau bahkan krayon. Untuk itu, segera bersihkan noda yang menempel dengan cairan pembersih dan rajin-rajinlah mengelapnya sebelum noda meninggalkan jejak permanen pada permukaan sofa.
  • Jaga agar kulit sofa tidak mudah pecah-pecah, terutama jika materialnya terbuat dari kulit, dengan mengoleskan semir khusus pada permukaannya. Untuk mendapatkan semir ini, Anda bisa mendiskusikannya dengan penjual mebel sofa Anda.
  • Jangan sungkan untuk menyempatkan diri mencuci sofa setidaknya satu tahun sekali. Sebagian dari Anda mungkin bingung bagaimana caranya untuk mencuci sofa yang sudah terlanjur kotor. Sebenarnya, caranya mudah saja, kok. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan para ahli. Yang dibutuhkan hanyalah sabun khusus, sikat lembut, dan juga sinar matahari yang cukup.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *