Membeli Mobil Second dengan Aman

Dengan adanya kredit mobil mandiri, membeli mobil bukan sekedar impian. DP dan cicilan yang terjangkau tentu meningkatkan minat masyarakat dalam membeli mobil. Dengan menyiasati DP kredit mobil, juga bisa membantumu untuk mendapatkan mobil impian. Untuk mendapatkan harga mobil yang murah, tidak jarang banyak dari kita memilih untuk mencicil mobil second dibandingkan mobil baru. Tapi, tidak semua orang berani memilih mobil second karena bisa aja mobil yang dibeli sudah pernah terendam banjir. Bukannya untung, malah jadi buntung karena uang yang dikeluarkan untuk reparasi mobil bekas banjir itu tidak sedikit.

mobil secondEh beneran butuh banyak uang buat reparasi mobil bekas banjir? Yap, banyak sekali karena bukan hanya permukaan mobil yang kerendam tetapi juga mesin mobil yang ada di dalam. Masalah umum yang sering terjadi adalah korslet, kerangka dalam mobil berkarat, turun mesin dan lainnya. Belum lagi, harus ganti komponen yang kerendam, sudah habis uang hanya untuk reparasi mobil.

Tentu selain masalah terendam banjir, mobil second bisa saja mengalami masalah lain hingga turun mesin. Bagi kita yang ingin membeli mobil second, perlu memperhatikan beberapa hal agar mobil yang dibeli walaupun second masih terjamin:

Harga Mobil Second yang Sangat Murah???

Jika harga mobil second incaran sangat murah atau harganya di bawah pasaran, kita perlu waspada. Pada umumnya penjual akan memberikan harga yang sangat murah untuk mobil yang bermasalah seperti pernah terkena banjir, curian atau masalah lainya. Jadi berhati-hatilah, jangan langsung tergiur dengan harga murah aja tetapi kamu juga harus memastikan asal mobil tersebut.

Detail dan Memberikan Jaminan

Cari tempat jual mobil second yang mau memberikan informasi detail mengenai mobilnya seperti info masalah, dokumen dan kondisi mobil. Selain itu, tempat jual tersebut berani memberikan jaminan. Jaminan yang dicari adalah jaminan mengganti mobil atau mengembalikan uang pembelian jika ternyata mobil yang dibeli memang bermasalah baik karena banjir atau ternyata hasil curian.

Periksa Sebelum Membeli

kerendam banjirCek bagian interior dan mesin. Mobil yang pernah terkena banjir tentu ada aroma lembab, bekas kerak banjir atau pasir di bawah karpet mobil. Selain itu, cek bagian bawah setiran untuk memastikan tidak ada kabel bekas dipotong atau disabotase. Jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan interior dan fungsinya. Untuk mengecek mesin, memang tidak semua orang bisa. Bagi kita yang tidak mengerti, lebih aman membawa saudara atau teman yang mengerti mesin mobil untuk memastikan kehalusan dan fungsi mesin mobil memang masih dalam tahap TOP.

Semoga tip-tips di atas membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *