Membangun Data Center di Indonesia

data center indonesiaKebutuhan data center Indonesia semakin meningkat seiring banyaknya bisnis yang memerlukan service penyimpanan data. Pada umumnya setiap perusahaan besar memiliki data center sendiri karena mereka sudah memiliki tempat yang dirancang khusus. Untuk perusahaan kecil atau perusahaan yang tidak memiliki tempat data center sendiri terpaksa menyewa dari perusahaan layanan data center yang ada.

Dengan permintaan pasar yang semakin tinggi, tentu tidak heran bila banyak pihak memulai bisnis layanan data center.  Namun dalam membangun data center Indonesia ini ternyata tidak sembarang orang bisa melakukannya. Berbagai persyaratan harus bisa dipenuhi.

Persyaratan Pembanguan Data Center Indonesia

Apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi dalam membangun sebuah data center Indonesia? Berikut persyaratannya:

Peralatan Data Center

Untuk membuat sebuah data center, biaya yang perlu dikeluarkan tentulah tidak sedikit. Kita perlu membeli berbagai peralatan data center seperti rak, mesin, pengatur suhu ruangan dan lainnya. Pastikan terlebih dahulu kita memiliki budget untuk membeli semua peralatan yang dibutuhkan.

Lokasi

Untuk penggunaan sendiri, data center bisa dibangun di dalam gedung perusahaan sendiri jika kita memiliki ruangan yang bisa digunakan. Sedangkan untuk membuka bisnis layanan data center, ruangan yang dibutuhkan tentu lebih besar dan lokasinya aman dari bencana alam.

Suhu Ruangan

Sebuah tempat yang digunakan untuk data center harus dingin. Suhu dingin diperlukan untuk menjaga agar peralatan elektronik data center ini tidak gampang panas. Peralatan Elektronik yang kepanasan akan mudah rusak dan meleda, apalagi peralatan elektronik tersebut bekerja selama 24 jam non-stop. Cara yang digunakan untuk memastikan ruangan data center dingin adalah menggunakan pengatur suhu ruangan atau memasang AC.

Tingkat Keamanan

Ruangan yang akan digunakan harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Ingat, ruangan tersebut akan digunakan untuk menyimpang semua data penting perusahaan jadi kita harus memastikan bahwa tidak sembarangan orang bisa mengaksesnya.

Sistem Penangulanan Bencana

Selain tingkat keamanan untuk menghadapi penyusup, kita juga harus menyiapkan penangulanan bencana seperti gempa atau kebakaran. Biasanya sistem ini memerlukan sistem backup dimana file di dalam data center akan dibackup sehingga jika ada bencana, tidak semua file hilang.

Personil IT

Diperlukan orang yang mengerti data center untuk melakukan maintain, perawatan dan memperbaiki kerusakan dan lainnya.

Semoga artikel info membangun data center Indonesia ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *