Membangun Bisnis Kecil dan Cara Suksesnya Part 2

Kemarin sudah membahas 5 aturan membangun bisnis part 1, sekarang saatnya membahas 5 aturan membangun bisnis part 2 untuk membantu kita yang mau memulai sebuah bisnis.

10 Aturan Dalam Membangun Bisnis (2)

Berikut 5 aturan lanjutan dari artikel kemarin mengenai aturan membangun bisnis :

Jual Kelebihan dari Barang BUKAN Harga

Pastinya frustasi ketika mulai memasarkan barang? Cara mengatasinya adalah membangun komunikasi dengan pelanggan untuk menjelaskan kepada meraka kenapa harga produk yang kita jual lebih tinggi. Apa yang perlu dijelaskan? Nilai kelebihan dari barang yang kita jual.

Waktu Sangat Berharga

waktuWaktu perlu dihitung dengan uang. Agak aneh emang tapi kita perlu menerapkannya. Contoh kita mematok Rp 20 ribu perjam karena setiap 1 jam setidaknya kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 20 ribu. Nah untuk mengirim barang, kita bisa menggunakan 2 cara:

  • Cara pertama: Membayar Rp 10 ribu (ongkos  kirim + ongkos jemput barang) jadi kita tidak perlu kemana-mana karena orang jasa pengiriman yang datang mengambil barang.
  • Cara kedua: Langsung ketempat pengiriman. Untuk bolak balik ke tempat tersebut kita perlu 1 jam dan ongkos kirimnya Rp 8 ribu alhasil untuk mengatar barang dan mengirimkan barang kita menghabiskan Rp 28 ribu.

Bila dihitung dari waktu, tentu cara pertama lebih untung dan hemat waktu .

Modal Bisnisnya ? Keuntungan Sehari ?

membangun bisnis kecilNah, dalam membangun bisnis, hal penting yang perlu dipersiapkan adalah Modal Bisnis alias Uang. Hitung dulu berapa yang dibutuhkan untuk sewa tempat, listrik, pajak, beli barang dan hal yang lain yang dibutuhkan. Dan bagi semuanya itu dengan beberapa lama kita akan membuka toko. Itulah modal / angka dasar.

Untuk mengecek laba sehari yang dibutuhkan, modal / angka dasar kurang (-) jumlah minimum pendapatkan kita setiap harinya. Apakah untung atau rugi? Dari sini kita bisa memutuskan menjalankan usaha atau mengubah cara berbisnis.

Gunakan Teknologi

Untuk bisnis yang membutukan data base, kita bisa menggunakan teknologi cloud. Cloud itu harganya mudah dan membuat perusahaan kecil pun bisa bersaing dengan perusahaan gede. Manfaatkan teknologi yang biayanya rendah namun bisa membantu bisnis kita.

Vendor Merupakan Teman

Perlakukan vendor / supplier dengan baik seperti kita memperlakukan teman dan pelanggan. Mereka adalah salah satu partner dalam menjalankan bisnis.

Semoga 10 aturan pada artikel ( (part 1) + (part 2)) membantu dalam membangun bisnis. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *