Membangun Bisnis Kecil dan Cara Suksesnya Part 1

membangun bisnis kecilBill Gate merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya yang sangat melimpah tentu membuat kita iri. Keinginan untuk berhasil seperti dia tentunya ada. Namun perlu kita ketahui bahwa untuk menjadi besar seperti Bill Gate bukanlah hal mudah. Bill Gate memulainya dengan membangun bisnis kecil dan dia telah merewati berbagai rintangan hingga akhirnya dia bisa menjadi kaya dan besar seperti sekarang. Tidak hanya Bill Gate, berbagai pengusaha sukses sekarang merintis usahanya dari kecil bahkan dari nol.

10 Aturan Dalam Membangun Bisnis (1)

Bisnis kecil yang kemudian menjadi besar alias sukses tentu bagaikan hadiah lotere. Namun ingat bahwa semuanya itu bukan hanya sekedar taruhan dan keberuntungan. Perlu kerja keras, pertimbangan dan berbagai hal lain untuk menunjang sebuah bisnis untuk berjalan, bertahan dan sukses. Berikut ini 10 tips dari Reader Digest Indonesia (sudah dibumbuhi kata sendiri) yang perlu kita ketahui ketika membangun bisnis sekecil apaun bentuknya:

Realitas Aja Bro

Jangan hanya sekedar berkhayal dan bermimpi saja, kita perlu melihat realitas ketika kita telah membuat sebauh model bisnis. Coba deh cek sekeliling atau via online contok sukses dari model bisnis yang akan kita terapkan untuk. Ada atau tidak?

  • Bila Ada, pelajari gimana cara menerapkan model bisnis tersebut, apa yang perlu diperbaiki dan lainnya. Pokoknya pelajari hingga mengerti dan tahu cara penerapannya.
  • Bila Tidak, waduh berarti ada 2 kemungkinan yaitu kita emang jenius hingga bisa menciptakan model bisnis yang baru ATAU jenis model bisnis itu tidak berhasil di dunia nyata makanya tidak ada contoh suksesnya.

Cari Partner Bisnis yo

partnerSuka one man show? Mendingan untuk memulai sebuah usaha jangan pilih one man show deh. Jangan terlalu sok. Perlu diingat bahwa bisnis merupakan sebuah perjalan yang penuh resiko. Untuk memulai sebuah bisnis, carilah partner. Dengan adanya partner, modal start-up nya bisa patungan. Jadi ketika semuanya tidak berjalan seperti yang direncanankan, kita tidak akan bangkrut atau dikejar-kejar penagih hutang.

Toh dengan adanya partner, kita juga bisa melakukan brainstorming bareng-bareng. Ingat setiap orang punya kapasitas berpikir yang berbeda-beda. Dengan adanya partner, kita bisa mendapatkan masukan baru, memikirkan sebuah permasalah bareng dan mendapatkan sudut padangan dari sisi yang berbeda. Jadi tidak ada ruginya punya partner. Tapi ingat, pilih partner yang bisa dipercaya.

Jadi Kuda Bro

Lol kok kuda? Yang dimaksud disini bukan bertransformasi menjadi kuda bro, tapi maksudknya simbolis doang. Kuda adalah simbol dari Kerja Keras. Sebuah wirausaha yang ingin sukses harus memiliki sifat kerja keras. Kerja keras ini berarti mau memberikan waktu dan tenaga kita sendiri.

Ingat, pada awal bisnis mulai berjalan, kita belum bisa mengaji karyawan karena modal di fokusnya untuk membangun fondasi bisnis seperti pengadaan barang, sewa tempat dan lainnya. Nah, pada saat ini, kita sendiri bersama partner merupakan pemiliki sekaligus karyawan agar bisnis bisa berjalan.

Karyawan yang Baik

Pastinya kita nantinya akan membutuhkan bantuan alias karyawan. Jangan tergesa-gesa seperti dikejar kereta ketika memilih karyawan, lakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Carilah karyawan yang bisa membantu visi kita.

Jangan Setengah-setengah

Berikalan yang terbaik dalam menjalankan bisnis seperti pelayanan terbaik dan lainnya. Ingat, kita berhubungan dengan manusia bukan mesin. Testimonial pelanggan yang akan membangun atau menjatuhkan bisnis kita.

5 aturan membangun bisnis part 1 sisanya akan dilanjutakan ke Membangun Bisnis Kecil dan Cara Suksesnya Part 2. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *