Membangun Bisnis Cafe

Membangun bisnis bisa dibilang merupakan ambisis kebanyakan orang yang ingin memiliki penghasilan sendiri tanpa perlu bekerja dengan orang lain. Namun memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal yang mudah. Seorang calon pengusaha harus terlebih dahulu melakukan proses perencana.

Gimana Cara Membangun Bisnis Cafe?

Gimana jika seseorang ingin membangun bisnis café? Apa yang harus direncanankan? Lumayan banyak seperti:

Penelitian Sekmen Pasar

membangun bisnis cafeSebelum mulai usaha, lakukan penelitian sekmen pasar. kita harus tahu terlebih dahulu komunitas yang ada di sekitar. Setelah tahu komunitas yang ada, lakukanlah pendekatan untuk mendapatkan informasi: suasana, makanan, kegiatan yang mereka sukai.

Dengan mengentahui suasana, makanan dan kegiatan yang disukai ketika berkumpul, kita bisa mulai menyusun ide untuk menciptakan suasanan, interior café, makanan dan alat permainan (kartu, monopoli, billiard) yang cocok dengan pasar. Café adalah tempat untuk bersantai, jadi ciptakan tempat yang nyaman.

Berikan Keunikan

Dalam proses perencanan ini, cari ide untuk sebuah keunikan yang hanya bisa dihadirkan oleh café kita. Kita bisa belajar dari beberapa café yang ada di Indonesia dan luar negeri. Kunikan ini bisa ditampilkan melalui desain interior, makanan yang disediahkan, pelayanan atau game yang ditawarkan. Keunikan ini yang akan membedakan café kita dengan cafe lain.

Pastikan Kualitas Pelayanan dan Hidangan

Ingat, ketika café sudah berjalan, kita harus mempertahankan (kalau bisa tingkatkan) kualitas pelayanan dan hidangan yang ada. Pelayanan yang ramah akan menenangkan hati dan hidangan yang sedap membuat hati senang.

Agresif dalam menjalin Kerja Sama

Pastinya pas awal buka, kita tidak hanya mengandalkan advertising mulut ke mulut dari teman-teman saja. Kita harus agresif mengiklankan bisnis kita. Gimana caranya? Jalin kerja sama dengan bank, lembaga atau komunitas. Dengan kartu kredit, kartu debit atau kartu anggota mereka bisa mendapatkan diskon atau menu khusus dari café. Dengan cara ini mereka akan terbujuk untuk mencoba café yang kita buka.

Ikuti Trend

Trend disini bukan berarti setiap bulan, kita mengubah interior dan hidangan. Maksudnya trend di sini adalah mengikuti liburan / peringatan besar yang paling sering dirayakan di Indonesia, contoh: Idul Fitri, Imlek, Valentine, Idul Adha, Nyepi, Natal. Pada hari-hari besar itu, kita bisa menghidangkan menu khusus, dekorasi dan promo khusus.

Membangun bisnis café memang tidak mudah, namun usaha keras didukung dengan konsep, pelayanan dan hidangan yang baik ditambah kerja keras tentu akan memberikan hasil yang setarah dengan usaha. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *