Memastikan Tangki Septic Berumur Panjang

tangki septic

image source: blogger

Tangki Septic merupakan tangki sanitasi yang terdiri dari pipa pvc, bak penampungan cair, bak penampungan padat, bak resapan, dan pipa pelepasan air bersih serta udara. Dan pastikan dalam pembuatan tangka septic ini adalah pemilihan bahan terutama pipa pvc.  Jangan lihat harga pipa pvc aja tetapi kualitas bahan dari pipa pvc tersebut.

Jika bahan yang dipilih sudah OKE, pastikan saat pembuatan tangki septic ini menggunakan jasa yang sudah bisa dipercaya. Jangan lupa juga untuk menanyakan solusi untuk menghadapi septic tank yang bermasalah, agar suatu saat bermasalah kita bisa mencoba menyelesaikannya. Ingat, tangki sanitasi ini penting untuk memastikan kebersihan rumah. Dalam pembuatannya, ada beberapa hal yang penting dan kudu diperhatikan dengan baik-baik untuk memastikan tangki septic yang dibuat itu benar dan dapat berumur panjang berdasarkan artikel Kompas online:

Kemiringan Pipa harus Sesuai

Ternyata penting loh untuk memastikan pada saat pembuatannya, pipa pvc yang dipasang memang memiliki sudut kemiringan yang pas. Kok penting? kemiringannya menentukan lacar atau tidaknya proses pembuangan limbah / kotoran. Ingat bahwa air mengalir dari tempat tinggi ke rendah.  Jadi kemiringanya seberapa banyakan? Sudut 45 derajatlah buat amannya. Sedangkan untuk selisih kloset dan permukaan air bak penampung limbah / kotoran sebaiknya juga tinggi untuk menunjang proses pembuangan yang lancar.

Pilih Pipa PVC yang Tepat

Ukuran diameter pipa PVC yang cocok digunakan untuk tangki septic adalah 4 inci untuk rumah dengan 1 wc. Jika wc banyak, pilihlah pipa pvc dengan diameter yang lebih besar.  Agar Tidak mampat, gunakan pipa PVC tanpa sudut ataupun belokan. Gunakan yang lurus aja untuk menghubungkan kloset dengan tangki.

Buat Ukuran Tangki Septic yang Sesuai

Untuk rumah yang dihuni oleh 1-4 orang, ukuran tangki septic yang disarankan adalah 1,5m X 1,5m X 2m. Untuk bagian bak endapan dan sumur resapan dengan ukuran 1m X 1m X 2m. Jika penghuni rumah semakin banyak, berarti ukuran tangka, bak endapan dan sumur resapan perlu diperbesar.

Bak harus Kuat dan Kedap Air

Dinding, dasar ataupun penutup bak utama harulah kedap air agar pada saat hujan ataupun banjir, kotoran tidak terbawa keluar dan mencemari lingkungan. Dan pastikan tangki dibuat agar tidak bisa mengeluarkan bau. Ingat bau kotoran tentu tidak enak sama sekali apalagi di sekitar kita banyak orang yang tinggal.

Semoga artikel ini membantu –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *