Memadukan Warna Cat Rumah Minimalis

Rumah memang boleh minimalis, namun untuk warna yang bisa dipilih tidak minimalis dong. Apapun bentuk rumah yang dipilih, Anda mempunyai kesempatan untuk memadukan berbagai warna. Namun dalam memadukan warna, Anda tidak boleh sembarangan, karena salah memadukan warna akan menyebabkan rumah Anda terlihat sangat mengerikan dan tidak nyaman dilihat.

Gimana Cara Memadukan Warna?

Berikut ini beberapa cara memadukan warna yang bisa dipilih:

Cari 1 Warna untuk Ditonjolkan

ruang tamuUntuk ruangan yang memiliki warna monoton, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan stiker dinding atau furniture dengan warna yang menonjol. Satu warna yang menonjol dibandingkan yang lain akan menghilangkan kesan monoton yang membosankan.

Contoh: Ruangan tamu yang berwarna monoton (putih dan abu-abu) bisa disiasati dengan meletakan 1 furnitur merah (piring, vas atau bantal kursi). Percaya atau tidak, kesan monoton pada ruang tamu Anda akan terkesan terang dan elegan.

Pilih Warna Putih atau beige terang sebagai Warna Utama

Gunakan warna putih atau beige terang sebagai warna utama lalu dipadukan dengan warna lainnya. Warna putih merupakan warna yang cocok dipadukan ke semua warna jadi tidak mungkin salah. Anda bisa memadukan putih dengan biru, hijau atau warna lainnya. Sedangkan untuk furniturnya bisa menggunakan warna putih dan warna paduan yang dipilih.

Gunakan 1 Kelompok Warna untuk Paduan dengan Putih

Setiap warna memiliki kelompok warna. Contoh kelompok warna biru: Aquamarine, Turquoise dan Deep Sky Blue. Tiga warna ini bisa digabung dengan putih. Karena 3 warna biru ini masih dalam 1 kelompok keluarga yang sama, warna mereka tidak terlalu bentrok.

Namun Anda harus tetap hati-hati dalam memadukan 1 kelompok warna yang urutannya terlalu jauh. Contoh: Aquamarine dan Dark Blue. Ke-2 warna ini sangat kontras. Jika Anda tetap ingin menggunakan ke-2 warna ini, mainkan didesainnya.warna gradiantwarna biru

Gunakan 12 Lingkaran Warna

Dari lingkaran warna ini,Anda akan melihat urutan kuning, jingga, merah, ungu, biru dan hijau. Walaupun disebut hanya 6 warna, sebenarnya dilengkaran tersebut ada 12 warna, 6 warna sisanya adalah turunan. Dalam menggunakan lingkaran warna untuk menentukan kombinasi yang cocok, ada 3 cara yaitu:

  • lingkaran warna

    Lingkaran Warna

    Kombinasi warna A dengan warna di sebelahnya (sebelum atau sesudah). Ini bisa dibilang cara 45 ° dari warna yang dipilih. Pemilihan warna kombinasi dengan cara ini akan memberikan kesan harmonis.

  • Kombinasi warna B dengan 3 warna setelah atau sebelumnya. Cara ini adalah cara 90 ° dari warna yang dipilih. Menimbulkan efek kontras namun perpaduannya masih terkesan lembut.
  • Kombinasi warna C dengan warna di seberangnya atau 180 ° dari gambar yang dipilih. Kombinasi 180 ° lebih mencolok karena agak berlawanan. Walaupun begitu masih enak dilihat.

paduan warnaSemoga info ini berguna :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *