Mau Beli Motor Bekas? Begini Tips-nya!

kendaraanMeskipun sekarang sudah banyak bermunculan motor baru, akan tetapi pembelian motor bekas pun ternyata masih banyak diminati oleh pengendara. Hal ini bukan tanpa sebab, harga jual yang tidak terlalu mahal serta kualitas sepeda motor yang bisa dibilang masih bagus, untuk itulah tidak mengherankan jika banyak pengendara yang lebih memilih membeli motor bekas tersebut. Apalagi, ditambah dengan pembuatan asuransi kendaraan bermotor untuk motor bekas ini tidaklah mahal, maka dapat dipastikan minat pembelian sepeda motor bekas ini akan semakin meningkat.

Namun, sebelum berniat membeli motor bekas, alangkah baiknya ketahui dulu beberapa tips penting berikut;

  • Cari tahu harga pasaran. Saat membeli motor bekas, pastikan Anda mencari tahu berapa harga pasaran sepeda motor bekas yang dijual. Penting, kah? Yap, cukup penting terlebih bagi Anda yang baru pertama kali membeli motor bekas. Tujuannya, tentu untuk mencegah terjadinya tindak kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh sang penjual. Cobalah membandingkan setiap harga yang diberikan oleh penjual dan jika perlu bandingkan pula dengan harga motor baru.
  • Cek komponen motor. Bagian ini mungkin salah satu bagian paling krusial saat membeli motor bekas. Bagaimana tidak, jika terdapat sedikit saja kerusakan pada motor, tentu saja yang rugi nantinya kita si pembeli. Untuk itu, saat Anda membeli motor bekas ini, cek seluruh bagian komponen motor. Mulai dari bagian mesin, rangka atau sasis motor, roda, ban, knalpot, lampu, speedometer, rem, dan sebagainya. Dengan begini, maka Anda pun tidak akan membeli motor yang rusak.
  • Lihat apakah surat-surat motor masih lengkap. Jangan sampai lupa menanyakan surat-surat kendaraan tersebut. Misalkan, tanyakan apakah masih ada STNK, BPKB, Faktur, dan surat pendukung lainnya. Dan Anda juga disarankan untuk bertanya, apakah pembayaran pajak pernah menunggak atau tidak. Jika ada penunggakan, maka Anda pun harus mempertimbangkan berapa harga pajak yang harus dibayar dan dipotong melalui harga pembelian awal.
  • Penting, lakukan test ride ketika membeli motor. Agar semakin meyakinkan, Anda juga bisa melakukan test ride saat membeli motor bekas. Saat test ride ini, rasakan apakah mesin kendaraan masih bagus dan halus, apabila motor manual cobalah untuk memerhatikan tarikan gigi, dan sebagainya.

Itu beberapa tips yang bisa dicoba jika Anda berkeinginan untuk membeli sepeda motor bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *