Masih Belum Yakin dengan Investasi Pasar Modal? Baca Info Ini, Yuk!

 

investasi reksa dana

image source: HomeUnion

Investasi merupakan salah satu instrumen keuangan yang patut dipersiapkan untuk masa depan. Dengan berinvestasi, masa depan kita pun sedikit terjamin karena efek dari investasi sendiri memang lebih ke arah jangka panjang. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang enggan untuk berinvestasi karena takut dengan risikonya. Padahal, ada pula investasi yang bisa dicoba yakni investasi pasar modal. Coba cek info berikut ini agak kamu semakin yakin.

  • Investasi pasar modal praktis dan juga simpel. Kamu nggak perlu memerhatikan laju perkembangan saham setiap saat. Tidak heran jika investasi pasar modal seringkali menjadi instrumen investasi yang disarankan untuk pemula. Cara berinvestasi pun mudah, kamu tinggal datang ke bank favoritmu dan membuka rekening sekuritas, lalu simpan modal sesuai dengan kesanggupanmu. Nantinya, ada jasa pialang yang akan membantu memantau nilai saham dan menginvestasikan uangmu. Tidak repot sama sekali, kan?
  • Siapa bilang investasi harus punya modal besar? Well, faktanya investasi pasar modal bisa dilakukan tanpa harus memiliki dana yang besar. Bahkan, investasi ini bisa dimulai dengan modal yang sedikit, yakni sekitar beberapa ratus ribu saja. Semuanya kembali pada kemampuan setiap individu untuk berinvestasi.
  • Nilai saham meningkat sesuai dengan tingkat inflasi. Satu hal yang menarik dari investasi pasar modal adalah nilai saham yang kita simpan akan terus meningkat sesuai dengan inflasi. Bisa saja nilai saham kita terus menerus membesar seiring berjalannya waktu. Jadi, sangat menguntungkan bukan?
  • Makin lama disimpan, makin besar. Masih berhubungan dengan poin di atas, investasi pasar modal cocok dilakukan untuk kamu yang punya rencana jangka panjang. Seiring dengan berjalannya waktu, nilai saham akan semakin tinggi. Silakan hitung sendiri berapa besar keuntungan yang bisa didapatkan beberapa puluh tahun ke depan.
  • Risiko cenderung lebih rendah. Banyak orang yang menolak untuk berinvestasi karena takut dengan risikonya. Padahal, risiko pasti ada di dalam setiap kehidupan kita. Bahkan ketika menabung di bank pun, kita harus tahu bahwa ada risiko yang mengintai. Nah, dalam investasi pasar modal, sebetulnya risiko yang kita terima cenderung lebih rendah. Sebab selama kamu investasi di lembaga sekuritas yang resmi terdaftar, maka jangan takut uangmu akan hilang.

Gimana? Ternyata investasi pasar modal tidak seribet kedengarannya, kan? Asal kamu mau belajar dan banyak baca, sebenarnya investasi ini cukup sederhana dan simpel, kok! Jadi, agar tidak merasa tertipu saat investasi, jangan lupa kumpulkan informasi sebanyak mungkin, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *